Kupu-Kupu yang Indah Dulunya Juga Sebuah Kepompong

Bank Panitia Manajamen Bisnis 2018

Sumber Foto : Divisi Publikasi, Dekorasi, dan Dokumentasi Bank Panitia Manbis

Kupu-Kupu yang Indah Dulunya Juga Sebuah Kepompong

Oleh: Jesslyn Calista

Sabtu (22/9/2018), Himpunan Mahasiswa Manajemen Bisnis Petra (HIMAMATRA) menyelenggarakan simulasi rally games dan Closing Bank Panitia 2018. Bank Panitia sendiri adalah kegiatan tahunan yang memperkenalkan sistem kepanitiaan kepada mahasiswa baru. Kegiatan ini sendiri merupakan salah satu syarat untuk dapat mengikuti berbagai kepanitiaan dalam program studi (prodi). Tahun ini, HIMAMATRA mengangkat “LEADER” (Leading Entrepreneurship and Desirable Educating Organization) sebagai judul dari Bank Panitia mereka.

Bertempat di ruang Audio Visual Gedung T (AVT) 502 Universitas Kristen (UK) Petra, Closing Bank Panitia dimulai dengan pertunjukan band oleh Gelato Story, yang dilanjutkan dengan sambutan dari ketua prodi Manajemen Bisnis, Drs. Bambang Haryadi, M.M.. Setelah itu, giliran Valentina Sonia Risananda sebagai ketua panitia LEADER untuk memberikan sambutannya. “Kalian adalah kepompong yang tidak tahu apa-apa, kemudian berkembang dan mengalami proses menjadi kupu-kupu yang indah, yang nantinya bisa membawa dampak dan melayani satu sama lain,” ungkap mahasiswi prodi manajemen bisnis angkatan 2017 tersebut dalam sambutannya.

Secara keseluruhan, rangkaian acara “LEADER” ini berlangsung selama 3 hari. Hari pertama, Sabtu (8/9/2018), merupakan opening yang mengundang Trixie Nova. Alumni Prodi Manajemen Pemasaran UK Petra itu menjelaskan sistem kepanitiaan secara umum kepada para peserta. Selanjutnya ada sesi implementasi, di mana para peserta diarahkan ke setiap divisi secara bergantian, sehingga mereka dapat mempelajari lebih dalam mengenai job description masing-masing divisi.

Hari kedua, Senin (10/9/2018), para peserta dibagi menjadi 19 kelompok dan diminta untuk menerapkan ilmu yang mereka dapatkan dari sesi implementasi dengan cara membuat rally games. Setelah membuat rally games ini, setiap kelompok akan mengikuti tender acara. Poin penilaian dari tender ini adalah kreativitas peserta dalam membuat games dan esensi dari masing-masing permainan. Kelompok yang berhasil memikat hati para panitia mendapat kesempatan untuk merealisasikan rally games yang mereka buat dalam simulasi pada bankpan hari ketiga, Sabtu (22/9/2018).

Harapan Valentina kepada para peserta adalah agar mereka dapat mengetahui soft skill dan hard skill apa saja yang ada dalam diri mereka, dan juga dapat berusaha bersama-sama untuk melayani di Manajemen Bisnis ini dalam satu kepanitiaan. Nah, Sobat GENTA, bersediakah kalian menjadi kepompong-kepompong lain yang siap diproses menjadi kupu-kupu yang indah?

About the author /


Avatar