Kita Indonesia, Kita Pancasila

Fotografer: Sesillia Alexandra

Kita Indonesia, Kita Pancasila

Oleh: Patrick Jonathan

Sabtu (1/6/2019), lapangan hijau Universitas Kristen (UK) Petra tampak ramai dipadati mahasiswa. Menggunakan jas almamater, pakaian putih-putih serta sepatu hitam, mereka melaksanakan upacara memperingati Hari Kelahiran Pancasila yang jatuh pada hari yang sama. Dalam upacara kali ini, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Arja Sadjiarto, S.E., M.Ak., Ak. ditunjuk sebagai inspektur upacara. Sedangkan Antonio Wijaya, mahasiswa yang tergabung dalam Resimen Mahasiswa 843, bertugas sebagai komandan upacara. Berlangsung mulai pukul 07.30 hingga 08.30 WIB, Upacara berjalan dengan tertib.

Dalam amanatnya, Arja menyampaikan sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia. Ada dua hal penting yang ditekankan dalam sambutan tersebut. Pertama, kita sebagai bangsa Indonesia berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah di mana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental sebagai dasar negara sehingga Nusantara yang beragam ini dapat bersatu sebagai satu bangsa. Sebagai komitmen terhadap ideologi negara itulah kita memperingati Hari Kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional.

Kedua, dengan merayakan Hari Kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan, dan pembangunan bangsa ke depan.

Melalui peringatan ini, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai warga negara, kita harus konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan.

Karena kita Indonesia, kita Pancasila.

Tagged with:     , , , ,

About the author /


Avatar