Kenali Tim Siap Sedia! #DivisiKesehatan

Kenali Tim Siap Sedia!

Oleh: Regina Bella Rosari

Divisi yang satu ini memiliki tampilan yang cukup berbeda dari divisi-divisi lainnya. Hanya mereka satu-satunya divisi yang menggunakan rompi cokelat muda selama melayani di Welcome Grateful Generation (WGG). Tidak hanya itu, divisi ini juga mudah dikenali sebagai pemberi pita merah muda yang ditempelkan di lengan mahasiswa baru (maba) yang membutuhkan perhatian khusus dalam hal kesehatan. Tepat sekali, itulah Divisi Kesehatan!

Nah, divisi yang satu ini akrab sekali dengan berbagai obat-obatan dan selalu siap sedia ketika ada maba yang membutuhkan pertolongan medis. Bukan berlatar belakang dunia kesehatan, setiap anggota Divisi Kesehatan dibekali pengetahuan tentang obat-obatan serta cara penanganan korban oleh dokter dari poliklinik Universitas Kristen (UK) Petra. Sayangnya, waktu yang singkat tidak memungkinkan setiap anggota divisi ini dapat menerima semua ilmu bidang kesehatan. Tetapi, ternyata divisi ini diam-diam mampu mengatasi kejadian-kejadian tidak terduga beberapa kali selama WGG berlangsung. Wow, keren!

Eits, ternyata tidak hanya Divisi Keamanan yang mendapatkan pelatihan fisik. Divisi Kesehatan ternyata juga melakukan latihan fisik satu kali seminggu. “Latihan fisik harus dilakukan untuk menjaga tubuh kita tetap fit menjelang WGG 2017,” ungkap Ellen Calista, Koordinator Divisi Kesehatan.

Mungkin, divisi ini tampak mudah bagi kita yang tidak tahu seluk beluknya. Tidak mudah, lho, untuk memberikan pertolongan tanpa panik, kebingungan, dan berpikir cepat untuk mengambil tindakan. Belum lagi mereka harus memiliki kondisi kesehatan yang prima walau terkadang hanya tidur 2-3 jam. Kuncinya adalah profesionalisme. “Susah sekali kalau ada maba yang sakit tetapi tidak mau dibawa ke poliklinik untuk diperiksa dokter. Jika ada yang pingsan tetapi di lantai atas juga susah untuk membawa tandu masuk ke dalam lift,” jelas Kevin Chandra, anggota Divisi Kesehatan.

Divisi ini tidak hanya menangani kesehatan maba. Kondisi kesehatan dari segenap panitia WGG pun menjadi perhatian dari divisi ini, serta menjadi tantangan tersendiri. Hal ini diceritakan oleh Edward Mervela, person in charge (PIC) Vitamin. “Terkadang susah ketika aku memberikan vitamin pada panitia yang tidak mau minum karena berbagai alasan. Tetapi, jika pada akhirnya mereka merasa tidak vit, tetap minta obat pada divisi kesehatan.”

Wah, divisi ini luar biasa, ya! Salut deh!

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More