Jelajahi Keindahan Sains Melalui Hal Sederhana

Fotografer: Winnie Tungmiharja

Jelajahi Keindahan Sains Melalui Hal Sederhana

Oleh : Clarisa Michelle Eugenia

Bekerja sama dengan Goethe Institut, Universitas Kristen (UK) Petra menggelar Science Film Festival (SFF) yang diadakan pada 24-27 Oktober 2018 di Auditorium Kampus Pusat UK Petra.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyajikan sains dengan cara yang mudah melalui hal yang diminati anak-anak hingga remaja. Rangkaian SFF berlangsung selama empat hari. Diawali dengan demo eksperimen dan pemutaran film sains mengenai pangan pada 24 dan 26 Oktober 2018, kemudian workshop mengenai kiat-kiat menjadi seorang youtuber dari Charles Endriko, seorang mahasiswa Program Studi (prodi) Ilmu Komunikasi, dan lomba membuat vlog dengan tema “Ekspektasi vs Realita Menjadi Mahasiswa” pada 25 Oktober 2018, dan diakhiri dengan panggung boneka oleh tim dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar serta games pada 27 Oktober 2018.

SFF 2018 diikuti oleh sekitar 1400 peserta dari Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di kawasan Surabaya. Acara yang dikemas secara apik ini tentu meninggalkan kesan baik bagi peserta. Hal ini terbukti dari antusiasme yang mereka berikan. Peserta sangat bersemangat dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pemandu acara.

Tema “Food Revolution” diangkat dengan harapan peserta dapat sadar akan kondisi pangan dunia pada tahun 2050 yang diperkirakan akan terus berkurang seiring dengan bertambahnya manusia di bumi.

Billy Setyadi K. selaku wakil ketua panitia SFF 2018 berpesan agar apa yang peserta dapatkan saat ini dapat berguna nantinya. “Mereka generasi yang sekarang ini sedang belajar, beberapa saat mendatang (harapannya, red.) akan bisa mengembangkan penelitian di negara ini untuk kemajuan,” ujar Billy.

Sobat GENTA, jangan lupa bahwa belajar adalah proses semur hidup, jadi jangan perlah lelah untuk mengulik ilmu dan mengembangkannya!

About the author /


Avatar