Jamah Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kawasan Wonocolo Melalui Branding for Business

Fotografer: Sesilia Alexandra

Jamah Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kawasan Wonocolo Melalui Branding for Business

Oleh: Clarisa Michelle Eugenia

Himpunan Mahasiswa Pemasaran Petra (HIMAPASTRA) mengadakan pengabdian masyarakat yang dibalut dalam tajuk Branding for Business.

Kegiatan ini bermula dari keperdulian akan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di kawasan Wonocolo yang masih belum memiliki logo. Tujuan utama dari acara ini adalah mengembangkan citra produk UMKM yang belum dikenal oleh masyarakat luas melalui logo yang dibuat oleh peserta.

Branding for Business dibagi menjadi 3 rangkaian kegiatan. Kegiatan pertama adalah briefing yang diadakan pada Selasa (6/11/2018). Kegiatan ini merupakan tahap konsultasi bersama dengan UMKM, sehingga peserta bisa mengetahui hambatan yang dihadapi dan memberikan solusinya. Menindaklanjuti hasil konsultasi, pada Sabtu (10/11/2018), peserta melakukan presentasi hasil karya mereka. Sebagai puncaknya, digelar pameran yang diadakan pada Selasa (13/11/2018) di selasar gedung P1 Universitas Kristen (UK) Petra. Pameran ini diikuti oleh 20 stan yang dibuka oleh setiap peserta dari Program Studi (prodi) Manajemen Pemasaran UK Petra.

Selain melihat-lihat hasil karya, pengunjung juga dapat memberikan suara mereka melalui sticker yang akan mereka berikan ke salah satu stan yang paling mereka sukai yang nantinya pemenangnya akan mendapatkan penghargaan.

Acara yang diikuti oleh 60 peserta ini tentu meninggalkan kesan tersendiri bagi peserta. “Mulai dari awal sampai akhir, aku belajar buat gimana njalanin bisnis dari nol dan gimana susahnya membuat bisnis. Dari sini kita juga bisa ngerasain suka citanya ngebantuin UMKM yang sebenarnya punya potensi namun kurang luas pengetahuannya mengenai bisnis dan sebagainya, di sini kita bisa saling membantu,” pungkas Eunike Michelle, salah satu peserta Branding for Business.

Kezia Shannon selaku ketua panitia berharap UMKM yang dibantu dapat lebih berkembang. ” Semoga UMKM-UMKM yang dibantu ini kedepannya bisa berkembang. Kan, dari sini anak-anak juga membantu untuk membuat kartu nama, logo yang bisa dibagikan ke orang-orang sehingga produknya dapat lebih dikenal,” ujarnya.

Semoga dari awal yang baik ini, UMKM yang ada di Indonesia khususnya di Surabaya dapat lebih berkembang.

About the author /


Avatar

Scroll Up