ITEM 2019: Mengungkap Cerita Dibalik Layar

Fotografer: Winnie Tungmiharja

ITEM 2019: Mengungkap Cerita Dibalik Layar

Oleh: Patrick Jonathan

Perayaan ulang tahun memang selalu spesial. Begitu pula yang dirasakan oleh mereka yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Apresiasi Seni Film dan Sastra (ASFS) Universitas Kristen (UK) Petra. Tahun ini UKM ASFS menginjak usia ke-21 dan perayaannya dikemas dalam “Ini Talkshow Edukasi Movie” (ITEM) 2019 yang diadakan pada Jumat (25/5/2019) di Auditorium Kampus Pusat UK Petra. Mengangkat tema “The Story Behind The Lens”, ITEM 2019 ingin mengajak mahasiswa yang tertarik di bidang perfilman untuk bisa mengetahui seluk beluk pembuatan film baik dari sisi pemain maupun kreator.

Dimulai pada pukul 17.30 WIB, acara diawali dengan sambutan oleh Sujata Maharani Wibowo, mahasiswa program studi Teknik Industri 2017 yang sekaligus menjadi ketua panitia ITEM 2019. Lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Jonathan Sebastian Magono, selaku perwakilan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UK Petra.

Talk show kali ini dipandu oleh Oktavianus Filemon sebagai moderator. Ada dua pembicara yang dihadirkan yaitu Dion Wiyoko dan Fauzan Abdillah. Dion merupakan aktor yang telah membintangi banyak film layar lebar, sedangkan Fauzan merupakan Kepala Independen Film Surabaya (INFIS) yang juga berprofesi sebagai produser dan sutradara. Mereka berdua berbagi cerita dan pengalaman mereka ketika memproduksi sebuah film dari dua sudut pandang yang berbeda. Dion bercerita bagaimana cara menghadapi nervous ketika harus berakting di depan kamera dan disaksikan banyak orang di lokasi syuting. Sedangkan Fauzan memberikan tips bagaimana mengembangkan ide cerita yang menarik menjadi sebuah film yang apik dari sisi sutradara.

“Intinya jangan pernah berhenti mencoba, karena perfilman di Indonesia sekarang berkembang pesat. Banyak production house yang membuka kesempatan buat kalian belajar, manfaatkan itu semua untuk mewujudkan mimpi-mimpi kalian,” ucap Dion. Sujata sebagai ketua kegiatan berharap, melalui ITEM 2019 ini mahasiswa dapat mengenal, mengerti, dan belajar banyak dari pengalaman yang dibagikan oleh Dion dan Fauzan.

Selamat Ulang Tahun yang ke-21, UKM ASFS UK Petra!

About the author /


Avatar