Ajarkan Berinovasi Lewat Konten Sosial Media Dalam Menghadapi Marketing 4.0

Fotografer: William Evan

Ajarkan Berinovasi Lewat Konten Sosial Media Dalam Menghadapi Marketing 4.0

Oleh: Nikita Luisa

Di era digital ini, media sosial kerap menjadi sarana utama seseorang untuk saling terhubung dengan individu lainnya. Kini media sosial telah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat di negara kita. Hal inilah yang menjadi alasan utama dibalik banyaknya peran inovatif media sosial dalam konten marketing di Era Marketing 4.0. Tema itulah yang diangkat dalam acara Invasion 2019, yakni seminar nasional besutan Himpunan Mahasiswa Pemasaran Petra (HIMAPASTRA) pada Jumat (3/5/2019) kemarin. Mengangkat tema “Innovative Sosial Media over Marketing Content in Marketing 4.0 Era”, Invasion menghadirkan tiga pembicara ternama yang pada hari itu berhasil memeriahkan keseluruhan acara Invasion 2019.

Pembicara pertama yakni M. Ghifari Ismail selaku Chief Executive Officer dari soedja.com memulai presentasinya dengan mengajarkan kepada para peserta apa makna sebenarnya dari Era Marketing 1.0, 2.0, sampai dengan 4.0. Ghifari banyak mengungkapkan bagaimana cara untuk memenangkan market melalui Marketing 4.0. Pada dasarnya, Marketing 4.0 lebih cenderung mementingkan digitalisasi, maka dari itu, cara memenangkan market adalah dengan melalui digital pula. “Perubahan marketing didasari oleh perubahan perilaku, dan teknologi sendiri bisa mengubah perilaku seseorang,” ujarnya.

Setelahnya, Dennis Hadi, owner dari Positive Wear dan Hadi Kitchen, mengambil alih panggung dan mulai menceritakan pengalamannya berbisnis di Era Marketing 4.0. Setelah memahami market, hal yang harus diingat bagi para enterpreneur muda adalah untuk percaya pada diri sendiri. Dennis berujar bahwa mahasiswa zaman sekarang harus mulai membuat portofolio mereka sesegera mungkin dan harus mulai berpikir mengenai bagaimana cara berrtahan hidup serta berbisnis di Era Marketing 4.0.

Acara kemudian dilanjutkan dengan kehadiran Han Yoora, youtuber dan content creator ternama. Yoora, sebutan dari Han Yoora, banyak berujar bahwa untuk mengenali dan menggunakan konten sosial media sebagai cara untuk menghadapi Marketing 4.0, kita harus mengenali apa yang klien inginkan terlebih dahulu. Tiap klien mempunyai target yang berbeda. Maka dari itu, sesuaikan konten marketing dengan pasar yang ada.

Sesi tanya jawab pada akhirnya menjadi penutup acara Invasion pada malam hari itu. Tentunya kini banyak Sobat GENTA yang lebih paham mengenai penggunaan sosial media dalam Marketing 4.0, nah, siapkah Sobat GENTA berinovasi dalam Marketing 4.0?

Tagged with:     , ,

About the author /


Avatar

Scroll Up