Insan Perguruan Tinggi, Yuk Pahami dan Kembangkan IPTEK!

Fotografer: Winnie Tungmiharja dan William Evan

Insan Perguruan Tinggi, Yuk Pahami dan Kembangkan IPTEK!

Oleh: Denalyn Tanist Istianto

Pendidikan tinggi terus berevolusi. Sebagai mahasiswa, tentu kita juga harus ikut jika tak ingin ketinggalan.

Kamis (2/5/2019), seluruh rakyat Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), dan Universitas Kristen (UK) Petra tentu tak ketinggalan. Peringatan Hardiknas 2019 dilaksanakan lewat upacara bendera yang diadakan mulai pukul 07.30 di Lapangan Upacara UK Petra. Seperti biasanya, Rektor UK Petra, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng. hadir sebagai pembina upacara.

Dalam amanatnya, Djwantoro membawakan naskah pidato dari Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Prof. Mohamad Nasir. Dalam pidatonya, disebutkan bahwa kini pendidikan tinggi telah berevolusi besar. Banyak online education, MOOCs (Massive Open Online Courses), hingga cyber university sudah berkembang, termasuk di Indonesia. Tujuannya membekali lulusan dengan pengetahuan dan kemampuan untuk menghadapi tantangan dunia kerja di masa depan.

Peringatan Hardiknas 2019 bertema “SDM Kompetitif, Inovatif, dan Berkarakter” yang diangkat KEMENRISTEKDIKTI ini bicara soal kondisi dunia yang semakin kompleks. Pendidikan tinggi harus bisa mengikuti revolusi yang ada dan membekali generasi penerus bangsa agar kompetitif, kreatif, dan inovatif.

Bersama komandan upacara Vinsensius Edwin Wijaya, upacara berlangsung tertib hingga sekitar pukul 08.30. Tak hanya mahasiswa baru angkatan 2018, terlihat fungsionaris Lembaga Kemahasiswaan (LK) juga turut hadir dalam upacara ini. Upacara berakhir dengan doa yang dipimpin oleh Samuel Anggi S., Ketua Bidang Misi dari Pelayanan Mahasiswa (PELMA) periode 2018/2019.

“Kita sebagai insan pendidikan tinggi harus memahami dan mengembangkan teknologi dan terus menciptakan inovasi disertai kemampuan belajar sepanjang hayat (long-life learning).” – Menristekdikti

Terus belajar dan kembangkan potensi yang ada ya, Sobat! Selamat Hari Pendidikan Nasional!

 

*naskah pidato Menristekdikti dalam rangka peringatan Hardiknas tahun 2019 dapat Sobat baca selengkapnya di sini .

About the author /


Avatar