Innovation Talk: Become a Key Driver to Face the Globalization Era

Innovation Talk: Become a Key Driver to Face the Globalization Era

Oleh: Alvin Ramasurya Wony’s

Jumat (4/5/2018) Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Petra (HIMATITRA) mengadakan seminar bertajuk “Innovation Talk: Become a Key Driver to Face the Globalization Era.” Seminar yang diadakan di Ruang Konferensi 4 Gedung W Universitas Kristen (UK) Petra ini mengundang Dr. Markus Wächter dan Drs. Kresnayana Yahya, M.Sc. sebagai pembicara. Seminar yang dihadiri 148 orang ini juga mengundang I Gede Agus Widyadana, Ph.D. sebagai moderator acara.

Acara dibuka dengan sambutan dari Dr. Dra. Indriati Njoto Bisono, M.Sc. selaku ketua program studi (prodi) Teknik Industri UK Petra. Dalam sambutannya, Indriati berkata bahwa meskipun akan ada banyak tantangan yang dihadapi bersamaan dengan munculnya fenomena Industrie 4.0, tetapi melalui seminar ini ia mengajak peserta untuk melihat sisi positif dari Industrie 4.0 ini. Sambutan selanjutnya diberikan oleh Satria Nalapradipta, ketua HIMATITRA, dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Bella Eka Fianty sebagai ketua kegiatan.

Seminar diawali dengan materi oleh Dr. Markus Wächter. Dalam presentasi yang berjudul “Industrie 4.0: Understanding How the Internet of Things is Transforming the Industrial World”, Markus menjelaskan kepada peserta, apa yang dimaksud dengan fenomena “Industrie 4.0” ini. Menurut Markus, Industrie 4.0 merupakan perubahan paradigma dari produksi dengan cara sentralisasi ke produksi secara desentralisasi dan cerdas. Automasi produksi, smart cities, dan penggunaan teknologi dalam bidang kesehatan merupakan contoh nyata dari fenomena ini. Markus menutup seminar dengan menjelaskan tantangan yang harus dihadapi bersamaan dengan munculnya fenomena Industrie 4.0 ini. Ia menjelaskan bahwa isu security, privacy, dan interoperability menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh mereka yang ada di era Industrie 4.0.

Pada sesi kedua, Kresnayana menjelaskan bagaimana persiapan yang harus kita lakukan untuk menghadapi Industrie 4.0. Kresnayana menjelaskan bahwa untuk mempersiapkan diri menuju era Industrie 4.0, seseorang harus memiliki sebuah inovasi. Kresnayana mengajak peserta untuk membangun “culture of innovation.” Menurut Kresnayana, ada lima sektor yang dapat berkembang pesat di Indonesia, yaitu makanan dan minuman, kain dan pakaian, otomotif, barang elektronik, dan produk-produk bahan kimia. “Let’s do innovation learning going in a new direction,” ujar Kresnayana.

Setelah mendengarkan kedua pembicara, peserta diberi kesempatan untuk tanya jawab dan dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan oleh moderator. Seminar kemudian ditutup dengan penyerahan suvenir dan sesi foto bersama. Bella, selaku ketua kegiatan berharap agar melalui seminar ini peserta mendapatkan pengetahuan baru mengenai inovasi-inovasi di era Industrie 4.0 dan bisa mengetahui pengaplikasian, keuntungan, serta tantangan di era Industrie 4.0.

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More