Ini Jadinya Kalau Wali Kota Surabaya Satu Panggung dengan Komika Kondang Indonesia!

Fotografer: Evandruce Filbert

Ini Jadinya Kalau Wali Kota Surabaya Satu Panggung dengan Komika Kondang Indonesia!

Oleh: Denalyn T. Istianto

“Tadi aku dirasanin (dibicarakan, red.) apa, ya? Ada dibilangin apa aku?” 

Begitulah kalimat yang keluar dari Dr.(H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M.T. ketika pertama kali menginjakkan kaki di atas panggung InnoCreativation, Rabu (14/11/2018). Pasalnya, dua tokoh komedian kondang Indonesia, Ernest Prakasa dan Pandji Pragiwaksono memang sempat membicarakan beberapa hal sebelum memperkenalkan Wali Kota Surabaya ini sebagai moderator resmi panel discussion sesi terakhir hari pertama InnoCreativation. Menempatkan tokoh pemerintahan dan dua komedian dalam satu panggung ini memang bukan kombinasi biasa.

Bersama orang nomor satu di Surabaya ini, diskusi seputar dunia hiburan terutama komedi berjalan cair sekaligus penuh tawa. Tawa penonton karena celetukan ketiga sosok ini terus memenuhi Grand City Convex, Surabaya selama sekitar empat puluh menit. Meski diiringi candaan khas stand-up comedian, obrolan seputar dunia hiburan ini tak sekadar lucu-lucuan saja. Kisah terjunnya mereka berdua ke dunia stand-up comedy pun dibuka, yakni Ernest yang dulunya sudah memiliki karir stabil sebagai pegawai kantoran, dan Pandji yang banting setir dari pendidikannya di bidang desain.

Ketika ditanya Wali Kota Risma tentang dirinya yang banting setir ke dunia hiburan, Pandji punya jawaban mantap. “Karena yang penting bukan ke mana kita sekolah, tetapi apa yang kita dapat semasa kita sekolah,” tuturnya yang merupakan alumni Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung ini.

Hal senada datang dari Ernest. Menurutnya, bukan tanpa perjuangan menggapai karir yang didapatkan sekarang. Namun kalau memang yakin pada jalan yang sudah diambil dan ada kecintaan pada bidangnya, terkadang kita bersedia untuk melewati perjuangan itu.

Semua kisah yang dituturkan Ernest dan Pandji diiringi candaan-candaan ringan, bahkan datang dari Wali Kota Risma sendiri. Ernest bahkan sempat berkomentar, “Ibu sadar gak sih kalau dalam hari ini wibawa Ibu sudah turun berapa persen?” yang disahut tawa lebar darinya.

Panel discussion bertema “Comedy Makes Money” ini merupakan diskusi panel terakhir, setelah “CEO vs CEO” dengan moderator Chairul Tanjungfounder sekaligus chairman CT Corp dan “How to Start a Startup” dengan moderator Yansen Kamto, CEO kibar.com. Tak hanya itu, Giring Ganesha juga sempat membahas e-sport Indonesia yang kini sudah mulai berkembang, terutama lewat IESPL (Indonesia Esports Premier League). Kehadiran Wali Kota Risma bersama Ernest dan Pandji menutup rangkaian kegiatan Innocreativation hari pertama.

About the author /


Avatar