Industrial Competition 2017: E-Commerce Bagi Generasi Muda!

IC 2017_JC (5)

Fotografer : Johannes

Industrial Competition 2017: E-Commerce Bagi Generasi Muda!

Oleh: Joana

Sabtu (28/10/2017), sejumlah pelajar dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jawa Timur tampak berkumpul di atrium Pakuwon Trade Centre (PTC) untuk mengikuti final Industrial Competition 2017 (ICC 2017). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Industri Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya. Sabtu kemarin merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan ICC 2017 mulai Kamis (26/10/2017).

Mengusung tema E-Commerce,ICC 2017 mengajak para pelajar SMA untuk mengenal lebih dalam mengenai industri dan bisnis online yang mulai booming akhir-akhir ini. Kegiatan ICC 2017 yang diketuai oleh Ancelloti Allessandro ini terbagi dalam tiga babak yaitu babak penyisihan yang berupa rally games (26/10/17), babak semifinal yang berupa simulasi e-commerce (27/10/17), dan babak final yang berupa survey serta presentasi (28/10/17).

Lima kelompok terbaik yang berhasil lolos ke babak final diminta untuk melakukan survey berdasarkan materi yang telah diberikan oleh pembicara sebelumnya. Survey dilakukan di sekitar area PTC selama kurang lebih satu jam. Kemudian,para peserta wajib mengolah data statistik yang telah diperoleh agar dapat ditampilkan saat sesi presentasi di depan para dewan juri. Selain ketelitian dan kreativitas dalam mengembangkan materi presentasi, para peserta juga harus memiliki softskill yang baik agar dapat menyampaikan presentasi dengan jelas dan menarik.

Sesi presentasi dan tanya jawab berlangsung seru. Semua peserta berusaha memberikan penampilan yang terbaik. Kualitas materi dan cara penyampain presentasi masing-masing kelompok sangat baik dan kompetitif. Terlihat dari berbagai pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan tim lawan dan juri yang dijawab dengan cepat dan cermat.

Seusai sesi presentasi dan tanya jawab seluruh kelompok, acara dilanjutkan dengan beragam kegiatan menarik lainnya seperti band performance, penampilan dance ,dan juga flashmob bersama. Akhirnya, dipenghujung acara diumumkan nama-nama para pemenang yang terdiri atas SMAK St.Louis 1 Surabaya sebagai juara pertama, SMA Petra 2 Surabaya sebagai juara kedua, dan SMA Taruna Nusa Harapan Mojokerto sebagai juara ketiga.

Semoga dengan diadakannya kegiatan ini para pelajar SMA dapat semakin mengenal dan memahami industri bisnis E-Commerce di masa yang akan datang!

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *