IBM Business Competition 2018: Gen Z Gold Rush

Fotografer: Edward Hartanto

Day 1 IBM Business Competition 2018: Gen Z Gold Rush

Oleh: Joana dan Alvin

Kamis (08/02/2018), sejumlah 74 tim beranggotakan 3 orang dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) tampak berkumpul di di ruang Audio Visual (AV) gedung T.502 Universitas Kristen (UK) Petra untuk mengikuti kegiatan briefing sekaligus pelaksanaan babak penyisihan IBM Business Competition 2018 yang diadakan oleh Program Studi (prodi) International Business Management (IBM).

IBM Business Competition 2018 mengangkat tema “Gen Z Gold Rush”. Sebuah filosofi menarik rupanya melatarbelakangi tema yang diangkat tersebut. Dengan diselenggarakannya kompetisi bisnis ini diharapkan siswa SMA, sebagai generasi emas Indonesia, dapat semakin terasah kemampuannya dalam bersaing di kancah internasional untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Acara dimulai dengan briefing yang dilakukan di AVT.502. Di sini peserta diberikan penjelasan mengenai peraturan games yang akan dimainkan pada babak penyisihan hari itu. Setelah diberikan penjelasan singkat, peserta langsung memainkan babak penyisihan. Permainan hari pertama bertemakan integritas. Peserta memainkan simulasi bisnis berbasis komputer dan uang yang mereka dapatkan akan ditukarkan menjadi level. Pemenang babak penyisihan adalah tim yang berhasil mendapatkan level tertinggi. Selama bermain, peserta diberi pertanyaan yang menguji integritas peserta. Jika pada hari ini peserta gagal menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, peserta akan mendapatkan hambatan di hari kedua. Hambatannya berupa tangan anggota tim diikat dalam pos-pos tertentu.

Setelah babak penyisihan selesai, sebanyak 24 tim yang lolos mengikuti workshop yang mengajarkan bagaimana cara menyajikan presentasi dengan baik. Vincenzio Evan mengajarkan bagaimana membuat presentasi dengan konten yang baik. Sebastian mengajarkan cara mendesain slide agar menarik dilihat dan Jennifer Giovanni mengajarkan bagaimana cara membawakan presentasi dengan baik. Ketiga pembicara workshop merupakan mahasiswa IBM UK Petra.

Yuan Natalia, ketua panitia IBM Business Competition 2018 berharap bahwa peserta bisa mengasah diri menjadi pribadi yang bermoral. “Karena menjadi seorang pengusaha bukan hanya mampu, tetapi juga mengenai moral yang baik,” ujar Yuan.

Acara IBM Business Competition 2018 masih belum berakhir sobat GENTA. Masih ada lomba-lomba menarik lainnya hingga tanggal 11 Februari 2018. Ayo ikuti terus keseruan lomba IBM Business Competition 2018!

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More