Hangeul Day 2017 : Back to Traditional!

HANGEUL DAY-FERDI (7)

Fotografer : Ferdiantio Jeremiah

Hangeul Day 2017 : Back to Traditional!

Oleh: Marselina Rusli

Annyeonghaseyo! Hari yang dinanti-nati pecinta Korea Selatan di Universitas Kristen (UK) Petra akhirnya telah tiba!

Jumat (20/08/2017), King Sejong Institute (KSI) Surabaya bekerja sama dengan Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi menyelenggarakan peringatan Hangeul Day. Mengangkat tema Korean Village, pengunjung diajak merasakan dan menikmati suasana desa tradisional Korea.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Acara Hangeul Day 2017 Desi Yoanita,S.Sos.,M.Med.Kom. Berbeda dari tahun sebelumnya, booth -booth yang tersedia dijadikan sebagai pos rally games. Pengunjung dapat mengumpulkan stempel pada masing-masing booth. Nantinya, 120 peserta pertama yang berhasil menyelesaikan seluruh pos, akan mendapatkan tote bag. Empat booth yang dibuka ialah Korean Calligraphy, Korean Food, Korean Handicraft, dan Hanbok Photobooth.

Pada booth kaligrafi, pengunjung akan diberikan kaligrafi tulisan namanya di atas kertas Hanji. Selanjutnya, pada booth makanan Korea, pengujung bisa mencicipi Kimchi, Kimbab, Japache, Haemul-Pajeon, Bulgogi, dan minuman Sujeonggwa. Pengunjung juga dapat membuat tempat pensil, menghias topeng, serta menempelkan stiker Hangeul pada botol minum pada Booth Handicraft. Terakhir, pengujung juga dapat mencoba mengenakan Hanbok – pakaian tradisional Korea – pada photobooth.

Tidak hanya booth, ditampilkan pula tarian kipas dari Korean Language Culture Centre (KLCC) Universitas Tujuh Belas Agustus Surabaya dan K-Pop Dance oleh mahasiswi UK Petra. Permainan-permainan tradisional Korea turut menyemarakkan, di antaranya Tuho, Jegi, Komunikata Korea, dan Hangeul games. Hangeul Day 2017 juga dimeriahkan dengan lomba menulis blog ‘Things I Love about Korea’ yang dimenangkan oleh Romie Christian Paparang, mahasiswa Prodi Manajemen Kepariwisataan 2015.

Hangeul Day diadakan untuk memperingati hari lahirnya huruf Hangeul atau huruf Korea pada abad ke-15 yang diciptakan Raja Sejeong. Di Korea selatan, Hangeul Day diadakan setiap 9 oktober. Melalui Hangeul Day, pengunjung diajak mengetahui, mengenali, dan mencicipi kebudayaan tradisional Korea Selatan. See you on Hangeul Day 2018!

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *