Green Bazaar 2019: Terapkan Bazaar yang Ramah Lingkungan

Fotografer: Jessica Kristy, Natasha Amabel, Yulius Giovani

Green Bazaar 2019: Terapkan Bazaar yang Ramah Lingkungan

Oleh: Natalicia Iandra

Dalam rangka memeringati Dies Natalis Universitas Kristen (UK) Petra ke-58, UK Petra bersama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Petra Greeners mengadakan Green Bazaar 2019 dengan tema “Petra Peduli Warga” pada Kamis (26/9/2019). Acara dimulai pukul 09.30 WIB di Gedung W, tepatnya berada di depan patung Torso. Green Bazaar merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang diadakan tiap satu atau dua tahun sekali, dan diikuti oleh warga Siwalankerto. Terdapat beberapa instalasi yang menggunakan media plastik, salah satunya “Dead Future” yang menggambarkan seorang anak tak berdaya di atas kumpulan sampah plastik. Instalasi ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan, serta mengurangi penggunaan plastik. Green Bazaar ini juga diisi dengan pembagian sembako sekaligus wadah memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai sampah plastik, menanam sayuran, dan cara mengolah limbah rumah tangga.

Selain itu, Green Bazaar 2019 mengadakan pelatihan menanam dan mengolah limbah rumah tangga. Pelatihan ini diadakan dengan tujuan untuk menghidupkan gaya hidup hijau yang ramah lingkungan. Saat sesi workshop kompos pada pukul 12.15 WIB, warga mengikuti dengan sangat antusias. Workshop kompos membahas tentang cara mengolah kompos jenis kompos cair.

“Kami mengadakan games kecil,  seperti kumpulkan tiga botol plastik nanti dapat kompos gratis, dan banyak sekali yang ikut,” ujar Felicia Indra Yoseffin, selaku ketua UKM Petra Greeners. Felicia berharap melalui kegiatan Green Bazaar ini, mahasiswa dapat melayani masyarakat dengan mengedukasi cara mengolah sampah rumah tangga dengan baik.

UKM Vocal Group juga ikut memeriahkan acara ini. Lagu Sesuatu di Jogja mengiringi suasana bazar sore itu, sembari menunggu pembacaan kupon berhadiah. Pukul 15.35 WIB, acara yang ditunggu-tunggu warga pun tiba. Panitia mengumumkan pemenang undian dengan hadiah berupa jam dinding, rice cooker, televisi, mesin cuci, lemari es, hingga satu buah gawai. Acara Green Bazaar akhirnya usai pada pukul 16.00 WIB, setelah hadiah utama yaitu satu buah gawai dibagikan kepada yang beruntung.

Nah, sobat GENTA, sudah sepantasnya kita meminimalisir penggunaan plastik. Tidak hanya melalui acara seperti Green Bazaar, tetapi di manapun kita berada baik itu di kampus, atau di lingkungan sekitar kita. Pola hidup ramah lingkungan itu tidak ada ruginya kok, selamat mencoba ya!

Tagged with:     , ,

About the author /


Avatar