Graduasi ke-72 : Rasa Lega Usai Empat Tahun

Wisuda ke 72 (2)

Foto : Nathaniel Edward

Graduasi ke-72 : Rasa Lega Usai Empat Tahun

Oleh : Clarita Ivone R.

Rapat Terbuka Senat Universitas Kristen (UK) Petra, dalam rangka memperingati Wisuda ke-72, telah diselenggarakan di Auditorium Gedung P2 Universitas Kristen (UK) Petra (25/08/17). Acara yang diselenggarakan dari tahun ke tahun ini merupakan momen puncak dari perjuangan setiap mahasiswa. Orangtua, saudara, dan teman ikut berkumpul untuk memberi selamat kepada setiap wisudawan yang ada. Selain mereka, masih ada satu pihak yang turut hadir dalam acara ini. Siapakah mereka?

Mereka adalah perwakilan dari SMA tempat wisudawan cumlaude menempuh pendidikan jenjang menengah atas. Perwakilan SMA selalu diundang ketika anak didiknya yang masuk ke UK Petra telah menyelesaikan studi dengan nilai indeks prestasi kumulatif (IPK)  diatas  3,50.  Perwakilan SMA tidak hanya berasal dari SMA Surabaya, bahkan terdapat perwakilan SMA dari luar kota dan luar pulau.

Foto : Nathaniel Edward

Dra. Tjiliwati misalnya, ia merupakan humas dari SMAN 5 Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Salah satu alumni sekolahnya berhasil mendapatkan IPK diatas 3,50. Menurut Tjiliwati, SMAN 5 Palangkaraya memang dipercaya oleh pemerintah daerah untuk mempersiapkan peserta didiknya agar mencapai tingkat prestasi yang berkualitas. Siswa-siswi mereka akan dikirim ke Universitas dengan akreditasi yang bagus. Tindakan ini memang program yang disediakan oleh pihak sekolah. Sejak tahun 1995 banyak siswa-siswa SMAN 5 yang dikirim untuk menempuh pendidikan ke UK Petra. “Senang dan lega, dan memiliki kepuasan tersendiri karena Petra sudah tiga kali memanggil sebagai perwakilan” kesan dari Tjiliwati.

Disisi lain, SMA Petra 5  Surabaya juga diundang untuk menghadiri Wisuda ke-72. Menurut Dra. Tri Utami Rinto Rukmi, M.M, selaku kepala sekolah, ia merasa bangga kalau mantan anak didiknya berhasil meraih prestasi yang bagus semasa perkuliahan. “Sangat bangga, kebanggaan bagi kami. Tapi, saya paling bangga kalau anak-anak menjadi berkat bagi orang lain” ungkapnya. Rinto pun menyebarkan informasi mengenai alumni yang meraih cumlaude di Facebook sekolahnya. Hal ini bertujuan untuk memotivasi siswa-siswi Petra 5 agar mampu mencapai prestasi setinggi mungkin. 

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *