Frienemies: Teman atau Musuh?

FRIENEMIES-FERDI (8)

Fotografer : Ferdiantio Jeremiah

Frienemies: Teman atau Musuh?

Oleh: Jeffry

Jumat (20/10/2017) bertempat di auditorium Universitas Kristen (UK) Petra, Koperasi Mahasiswa (Kopma) UK Petra mengadakan seminar yang mengangkat tema “Frienemies”. Sesuai dengan temanya, seminar kali ini membahas tentang bagaimana pertemanan dapat memperluas atau menghancurkan sebuah bisnis. Acara yang dipandu oleh Irene Gunawadan Ricky Ciputra dari Program Studi (Prodi) Ilmu komunikasi angkatan 2017 ini dibuka dengan penampilan band.

Acara dilanjutkan dengan doa dan sambutan oleh Nicholas Chandra dari Prodi Akutansi Pajak angkatan 2016, selaku Ketua Pelaksana kegiatan ini dan Septhalia Prayogo, Prodi Akutansi Bisnis angkatan 2014, selaku Ketua Kopma UK Petra.

Acara seminar dihadiri  perwakilan dari empat universitas lain dan satu forum. Universitas dan forum itu antara lain STIKOM, Universitas Dr. Sutomo, Universitas Adi Buana, Universitas Nahdlatul Ulama, dan Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa.

Acara yang mengundang Isaac Munandar, CEO dari 153 Holding Company yang bergerak di bidang investasi sampai properti itu dimulai dengan sebuah game. Peserta diminta mengumpulkan uang koin sebanyak-banyaknya dari para peserta yang hadir.

Acara berlanjut dengan penyampaian materi oleh Isaac yang berfokus pada Human Connection and Collaborations. Isaac memaparkan bagaimana pentingnya suatu hubungan yang baik antar manusia dalam berbisnis, apalagi dengan majunya teknologi sehingga banyak bisnis online bermunculan. Mantan direktur dari PT Sunsea Algae Indonesia itu juga membagi kisahnya ketika ‘ditusuk’ dari belakang oleh teman baiknya sendiri. Ia juga memberikan tips-tips untuk mendapatkan partner yang sekiranya bisa dipercaya dalam menjalin kerjasama di masa depan. Melalui kisahnya, Isaac telah memberikan gambaran utuh tentang definisi “Frienemies” yang sebenarnya.

Acara kemudian berlanjut dengan sesi tanya jawab yang memakan waktu beberapa menit. Seluruh acara lalu ditutup dengan penyerahan plakat oleh Charles dan doa penutup oleh Ricky.  “Acara ini bagus, terutama karena bermanfaat untuk kita di masa depan nanti,” ujar Christopher Deon dari prodi Manajemen Kepariwisataan angkatan 2017. Pembicara juga dinilai Christopher berhasil menyampaikan materi dengan baik.

Dunia bisnis memang tidak tertebak, ada saja teman sejati dan musuh sesungguhnya yang bersembunyi di sekitar jalan menuju kesuksesan. Hanya dengan belajar dan terus belajar dari orang yang sudah berpengalaman, kita bisa bertumbuh lebih baik. Jadi, jangan sampai kelewatan seminar dari Kopma selanjutnya ya, SOBAT Genta!

Tagged with:     ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *