Fast: Finding Your Ability and Strength Together

FAST-BOBY (1)

FAST: Finding Ability and Strength Together

Oleh: Alvin Ramasurya W dan Natania Wahyuni T

Sabtu (09/09/2017) dan Rabu (13/09/2017), Himpunan Mahasiswa Program Studi (prodi) Teknik Industri Petra (Himatitra) mengadakan acara pengenalan kepanitiaan dengan tema “FAST: Finding Ability and Strength Together”. Kegiatan berlangsung di gedung P ruang 709 UK Petra, diikuti oleh 107 peserta dari prodi Teknik Industri (TI) dan International Business Engineering (IBE).

Acara ini memang diperuntukkan bagi mahasiswa TI dan IBE karena bukan hanya memberikan pengertian tentang kepanitiaan dan divisi yang ada dalam Himatitra, melainkan acara ini juga bertujuan untuk memetakan mahasiswa sesuai dengan kelebihan mereka masing – masing. Disini akan ada pengumpulan data berupa sistem ranking sesuai kemampuan mahasiswa dalam berorganisasi. Sehingga ketika nanti para mahasiswa mendaftar kepanitiaan, Himatitra dapat dengan mudah menyeleksi dan memetakan para pendaftar kepanitiaan tingkat prodi maupun universitas.

Selain itu, acara ini juga digunakan sebagai media bagi Himatitra untuk mengenal lebih dalam mahasiswanya. Hal ini diperlukan karena bidang HRD (Human Research Development) Himatitra juga bertugas untuk mengatur pemerataan Satuan Kredit Kegiatan Kemahasiswaan (SKKK). Jadi bukan hanya anak yang mendapat ranking atas yang bisa mendapatkan kesempatan untuk tergabung dalam kepanitiaan.

Acara berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama peserta disuguhkan talk show dan sharing divisi. Selain itu dijelaskan juga mengenai perbedaan kepanitiaan di SMA dan universitas oleh perwakilan Himatitra angkatan 2015. Dari rangkaian acara tersebut mahasiswa diharapkan mengenal kepanitiaan lebih dalam dan mampu mengetahui pekerjaan apa yang akan mereka lakukan ketika tergabung dalam kepanitiaan.

“Akan sangat disayangkan bila ada anak yang tidak mengikuti acara ini, kami Himatitra jadi tidak bisa mengetahui kemampuan sang anak,” ujar Alexander Thioputra, Ketua Panitia FAST, prodi Teknik Industri ’16. Ditahun yang akan datang, ia berharap kegiatan ini tidak hanya diadakan sekali saja, namun juga menjadi perhatian selama satu periode.

Lalu pada hari kedua, di adakan rally games di gedung P lantai 2,3,dan 4. Rally games dikemas dalam bentuk simulasi. Peserta diberikan kesempatan untuk langsung bekerja sesuai divisi-divisi yang ada. Seperti membuat rundown, mencoba menjadi MC (Master of Ceremony), dan tugas divisi yang lainnya.Jadi peserta akan tahu betul dimana mereka akan mendaftar nanti.

Tidak mungkin acara ini di adakan oleh kakak-kakak panitia tanpa adanya tujuan yang penting. Jadi, jangan ogah-ogahan lagi ya Sobat Genta, jika ada acara bankpan di prodimu! Finding your ability and strength together!

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *