Ekplorasi Potensi Lewat Asyiknya Berpanitia Ala STATION 2018

Venus S. Wangsawidjaja selaku ketua panitia bank panitia (Bankpan) Desain Komunikasi Visual (DKV) Start the Action (STATION) 2018 membagikan bingkisan sebagai bentuk terima kasih kepada para pembicara talk show di ruang Audio Visual gedung T (AVT) 502.

Fotografer : Sesilia Alexandra

Ekplorasi Potensi Lewat Asyiknya Berpanitia Ala STATION 2018

Oleh : Clarisa Michelle Eugenia

Himpunan Mahasiswa Program Studi (prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Petra (HIMAVISTRA) menggelar kegiatan “Start The Action” (STATION) sebagai ajang bagi mahasiswa baru DKV untuk merasakan langsung asyiknya berpanitia.

Dengan mengangkat tema “Union in Sync“, kegiatan yang diikuti 171 mahasiswa baru ini berhasil membuat para pesertanya menumpahkan usaha terbaiknya demi terselenggaranya acara mereka. Bagaimana tidak, dalam STATION yang terbagi menjadi empat hari ini, tiga diantaranya disiapkan sendiri oleh peserta.

Sebelum memasuki hari pertama kegiatan, peserta harus melalui tahap wawancara terlebih dahulu. Hasil dari wawancara ini akan mengelompokkan peserta ke dalam divisi-divisi yang ada dalam kepanitiaan. Kemudian, pada Sabtu (8/9/2018), peserta dikelompokkan sesuai dengan divisi mereka masing-masing dan mengikuti sharing tentang fungsi dan job description dari masing-masing divisi. Kemudian peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Masing-masing kelompok ditugaskan untuk menyusun suatu kegiatan dengan bentuk dan tema yang sudah disiapkan oleh panitia.

Pada pertemuan kedua Hari Sabtu (15/9/2018), kelompok pertama menampilkan hasil kerja mereka selama satu minggu. Kelompok pertama menggelar talkshow yang diadakan di Ruang Audio Visual Gedung T 502 UK Petra. Acara yang mengusung judul “jOURney” ini mengundang Ketua HIMAVISTRA 2018 Cicilia Claresta sebagai pembicara. Cicilia memberikan tips-tips dalam mengikuti kepanitiaan kepada peserta. Judul “jOURney” sendiri diangkat dengan makna untuk meraih keberhasilan dibutuhkan kerja sama.

Kegiatan hari Sabtu (22/9/2018) mengambil judul “Inbox”. Dalam judul ini diri sendiri dilambangkan sebagai box dan apa yang kita punya dalam diri kita sebagai tools untuk dimanfaatkan dalam kepanitiaan. Pada seminar yang diadakan di Gedung P.505 ini, kelompok kedua mengundang Yusuf Yulianto sebagai pembicara. Materi yang dibawakan hari itu mengenai cara mengetahui passion, sifat, dan karakter kita supaya dapat dikembangkan secara maksimal.

Tidak ketinggalan, kini giliran kelompok ketiga memanfaatkan pertemuan Hari Sabtu (29/9/2018) untuk menjajal menjadi panitia. Mengangkat judul “Replay” yang bermakna melihat ulang, acara ini berisikan sharing pengalaman dari mahasiswa Prodi DKV angkatan 2016 yaitu Brigitta Sally, Adhika Wicaksana, dan Della Alda ketika bekerja dikepanitiaan.

Dengan pengalaman yang mereka dapatkan tentu meninggalkan kesan tersendiri bagi peserta. Salah satunya adalah Jessefan Isaiah. “Seru banget! Buat aku jadi semakin ketagihan buat tergabung di kepanitiaan lain” ungkap salah satu peserta STATION 2018 itu.

Melalui awal yang baik ini Venus Sabrina Wangsawidjaja selaku ketua panitia STATION 2018 berpesan pada peserta agar apa yang mereka dapatkan di STATION ini tidak sia-sia. “Aku mau mereka sadar kalau yang penting dari kepanitiaan itu nggak cuma KP, nggak cuma ikut-ikutan, tapi yang terpenting itu juga menjalin relasi intrepersonal,” ujar mahasiswi Prodi International Program in Digital Media angkatan 2017 ini.

Nah sobat GENTA, tentu pelatihan ini hanyalah awal untuk menjajak pada babak selanjutnya dalam kepanitiaan. Selamat berproses dan selamat mencari kesempatan dan pelajaran!

About the author /