Donor Darah UK Petra – Banyak Manfaatnya, Lho!

Fotografer : Jessica Sinarjo

Donor Darah UK Petra – Banyak Manfaatnya, Lho!

Oleh: Joana

Jumat (09/03/18), sejumlah partisipan kegiatan donor darah Universitas Kristen (UK) Petra tampak mengantri di E01 10A sejak pukul 09:00 – 12:00 WIB. Kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh unit kegiatan Korps Sukarela (KSR) UK Petra bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) tersebut merupakan bagian dari agenda rutin yang diselenggarakan setiap 3 bulan sekali. Kegiatan rutin ini terbuka bagi seluruh mahasiswa UK Petra dan masyarakat umum.

Untuk dapat mendonorkan darah, para partisipan terlebih dahulu harus mendaftarkan diri di meja registrasi. Rata-rata jumlah pendaftar dalam kegiatan rutin ini adalah 150 orang. Usai mendaftar, partisipan tidak diperbolehkan untuk langsung mendonorkan darahnya. Mereka terlebih dahulu harus diperiksa apakah telah memenuhi ketentuan kesehatan standar yang dibutuhkan; diantaranya adalah ketentuan tekanan darah, jumlah kadar haemoglobin darah, dan berat badan minimum 46 kilogram. Selain itu, partisipan yang baru saja menjalani pengobatan atau vaksinasi tidak diperkenankan untuk mengiikuti donor darah hingga 6 bulan ke depan.Biasanya setelah menjalani pemeriksaan,  partisipan yang dinyatakan lolos menjadi pendonor adalah 50 % dari jumlah pendaftar.

Kegiatan donor darah adalah salah satu tindakan sederhana yang dapat kita lakukan untuk membantu sesama. Hasil darah yang telah didonorkan nantinya akan disimpan di Bank Darah PMI untuk kemudian didistribusikan ke berbagai daerah yang membutuhkan. Selain bermanfaat untuk menyelamatkan nyawa umat manusia, kegiatan donor darah ternyata juga memiliki banyak dampak positif bagi partisipannya, lho! Menurut ketua kegiatan Pollen Sandro,partisipan yang mendonorkan darahnya akan merasakan tubuhnya jauh lebih segar dalam waktu beberapa minggu setelah pengambilan darah. Hal ini dikarenakan tubuh kita memproduksi sel-sel darah baru setelah yang lama didonorkan. Sel-sel darah yang baru biasanya memiliki gugus haemoglobin yang lebih efisien dalam mengikat oksigen.Alhasil,kesehatan dan ketahanan tubuh kitapun akan meningkat!

Sekali merengkuh dayung, dua pulau terlampaui.Hitung-hitung beramal,badan juga jadi sehat,hehe! Jadi, tunggu apalagi sobat GENTA? Ayo sumbangkan darahmu di kesempatan-kesempatan selanjutnya , ya! Our compassion towards others,defines who we really are!

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More