Domino: Developed and Improved in Organization

DOMINO-BOBY (5)

Domino: Developed and Improved in Organization

Oleh: Vivian Graciela Chertian dan Natania Wahyuni Tanihardjo

Sabtu (09/09/2017), ruang AVT501 Universitas Kristen (UK) Petra terlihat ramai. Himpunan Mahasiswa Akuntansi Pajak UK Petra (HIMAJAKTRA) mengadakan acara Bank Panitia 2017, dimana mahasiswa baru (maba) diarahkan untuk mengenal divisi-divisi dan tugas setiap divisi yang ada dalam suatu kepanitiaan. Selain itu, maba juga dikenalkan pada HIMAJAKTRA dan acara-acara yang akan diselenggarakan oleh HIMAJAKTRA.

Tahun ini, HIMAJAKTRA mengangkat “DOMINO” sebagai tema Bank Panitia. “DOMINO itu singkatan dari ‘Develop and Improve in Organization’,” jelas Alexandro Christian, Ketua Bank Panitia Akuntansi Pajak 2017. “Aku ambil tema ini tujuannya aku berharap mereka (maba, red) dapat mengembangkan dan terus meningkatkan potensi mereka, terutama soft skill mereka di acara-acara dan kepanitiaan yang akan mereka ikuti ke depannya. Jadi ini anggapannya lebih mengedepankan rencana jangka panjang mereka untuk mengembangkannya (potensi masing-masing maba, red), jadi tidak langsung selesai acara ini mereka bisa mengembangkannya, namun lebih ke arah bertahap ke depan.”

Kegiatan dimulai dengan praise and worship, diikuti dengan sambutan dari Ketua Bank Panitia Akuntansi Pajak 2017, Alexandro ChristianSetelah sambutan, terdapat pengenalan divisi-divisi dalam suatu kepanitiaan beserta tugas-tugasnya.

Peserta dibagi kedalam beberapa kelompok, kemudian mereka akan diberikan study case. Disini mereka di beri persoalan persoalan yang harus mereka selesaikan ketika menjadi panitia. Apabila tidak bisa menyelesaikan salah satunya, tersedia fasilitator, yaitu koordinator setiap divisi yang bisa membantu peserta dalam memecahkan masalah yang diberikan.

Dari study case ini, mereka diminta untuk menerapkannya ke dalam sebuah penampilan drama. Dari sini ke seruan acara dimulai, kreatifitas mereka semakin terasah dan menunjukkan keunggulan masing masing kelompok bila menjadi panitia. Lalu, para peserta akan dirotasikan untuk mengikuti mini tour yang diadakan di selasar Gedung T lantai tiga dan lima. Mini tour ini terdiri dari lima pos, sesaui dengan jumlah departemen yang akan dikenalkan pada para peserta, yakni departemen kesejahteraan, departemen penalaran, departemen bakat minat, departemen public relation, dan departemen human resources.

Dari sini para mahasiswa diharapkan untuk tahu dan berminat mengikuti wawancara dalam acara beserta divisi yang akan diadakan pada tanggal 11-14 September 2017 mendatang. Ada pula pengenalan departemen-departemen dalam HIMAJAKTRA, serta pengenalan acara-acara yang diselenggarakan HIMAJAKTRA, khususnya acara yang mengadakan open recruitment untuk maba yang ingin terlibat dalam kepanitiaan. Beberapa acara besar yang diusung HIMAJAKTRA (Himpunan Mahasiswa Akuntansi Pajak Petra) antara lain, PTC (Petra Tax Competition, TAC (Tax Accounting Competetion),dll. Jadi, tunggu apa lagi? Develop yourself in organization, especially HIMAJAKTRA!

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *