Dies Natalis Teknik Sipil 2018 : Tancapkan Tonggak Semangat Teknik Sipil dalam Menjelajahi Era Revolusi Industri 4.0

Fotografer: Clarisa Michelle Eugenia dan Natania Wahyuni T.

Dies Natalis Teknik Sipil 2018 : Tancapkan Tonggak Semangat Teknik Sipil dalam Menjelajahi Era Revolusi Industri 4.0

Oleh: Clarisa Michelle Eugenia dan Patrick Jonathan

Teknik Sipil Universitas Kristen (UK) Petra menggelar Dies Natalis guna memperingati hari jadi Program Studi (prodi) Teknik Sipil ke-56 dan program sarjana dua (S-2) Teknik Sipil ke-23. Mengangkat tema “Construction Engineering Technology in Industry 4.0”, kegiatan ini diadakan pada Kamis (29/11/2018) di Auditorium Kampus Pusat UK Petra.

Menurut penuturan Tirsa Endeli Tumbelaka, M.T. selaku Pembina Himpunan Mahasiswa Sipil Petra (HIMASITRA), Dies Natalis Teknik Sipil UK Petra telah dipersiapkan selama kurang lebih tiga bulan belakangan. Melalui kolaborasi dari staff pengajar dan mahasiswa, acara ini dapat berjalan dengan sukses, terbukti dari kehadiran 265 peserta yang turut meramaikan acara.

Tidak hanya merayakannya dengan nyanyian ulang tahun dan meniup lilin, Dies Natalis Teknik Sipil hadir dengan membawa manfaat bagi peserta. Po-Chien Hsiao, Ph.D. dari National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) memberikan seminar mengenai pentingnya sadar teknologi di Era Industri 4.0 ini. Setelah itu, Prof. I-Tung Yang. Ph.D. memperkenalkan international student program yang ada di NTUST. Selain itu ada I Gede Agus Widyadana, Ph.D. dari UK Petra yang memberikan gambaran perbedaan konstruksi Teknik Sipil yang dulu dan sekarang. Seminar terakhir diisi oleh Ir. Ferry Effendi dari PT VSL Jaya Indonesia. Ferry juga menjelaskan tentang teknologi-teknologi yang digunakan oleh PT VSL Jaya Indonesia.

Selain workshop, acara ini juga diramaikan dengan talk show yang dibawakan oleh Aditya Chandra, M.T. dari SAGA Contractor dan Samuel Santosa, M.T. dari PT Indonesia DS Indah Karya. Dalam talk show ini Aditya dan Samuel membagikan pengalaman mereka selama berkuliah, khususnya dalam menuntaskan program S2 di Teknik Sipil UK Petra. Selain itu kedua alumni tersebut juga berbagi tentang bagaimana cara menjawab tantangan yang ada di Era Industri 4.0 sekarang.

Akhirnya acara pun mencapai puncaknya. Dr. Daniel Tjandra dan Doddy Prayogo, Ph.D melakukan prosesi pemotongan kue dan peniupan lilin. Daniel berharap agar acara ini dapat memberikan dampak positif di dunia teknik sipil. “Harapan saya yang pertama Tuhan selalu menyertai dalam perjalanan teknik sipil kita. Yang kedua kebersamaan antara para dosen, mahasiswa, juga para alumni kita bersama-sama (dapat, red.) memberikan kontribusi yang positif di dunia teknik sipil kedepan,” kata Daniel. Tidak ketinggalan Doddy juga memberikan harapannya. “Kepada kalian tentunya ya semoga cepat-cepat lulus dari S-1 dan masuk ke S-2. Semoga kalian bisa lulus on time, bahkan kalau bisa lebih cepat,” ujar Doddy.

Pembacaan nominasi pun turut serta memeriahkan jalannya acara. Nominasi yang dibacakan adalah mahasiswa yang paling rajin, mahasiswa yang paling sporty (pria dan wanita), mahasiswa paling aktif, dan semuanya berasal dari seluruh angkatan Teknik Sipil UK Petra. Tidak ketinggalan, ada pula nominasi yang paling ditunggu-tunggu, yaitu nominasi dosen terfavorit. Tentu ada esensi tersendiri dari pembacaan nominasi tersebut “Award ini memperkenalkan mahasiswa yang mungkin belum diketahui dosen, sehingga dosen jadi tau sekarang karena adanya award itu,” ujar Stevanny Wicaksana, ketua panitia Dies Natalis Teknik Sipil ke-56.

Stevanny berharap peserta dan panitia dapat mengambil hal-hal positif dari jalannya acara. “Supaya kita sebagai mahasiswa itu bisa saling kenal anggapannya kita mengakrabkan di sini, untuk panitia semoga dari acara ini banyak yang bisa diambil pelajarannya kayak kenal orang-orang luar dan ketika melayani mereka,” kata mahasiswi angkatan 2017 tersebut.

Tancapkan tonggak semangat teknik sipil dalam menjelajahi era revolusi industri 4.0! Selamat ulang tahun Teknik Sipil UK Petra! Jaya Selamanya!

About the author /


Avatar