Dies Natalis DKV UK Petra ke-20: Meriah!

Fotografer: Johannes SC

Dies Natalis DKV UK Petra ke-20: Meriah!

Oleh: Alvin Ramasurya Wony’s

Kamis (7/6/2018), terlihat kerumunan mahasiswa sedang duduk rapi di atas karpet merah yang digelar di void Gedung P lantai 2 Universitas Kristen (UK) Petra. Hari itu, Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Petra (HIMAVISTRA) mengadakan perayaan Dies Natalis DKV UK Petra yang ke-20.

Sharing berdirinya Program Studi DKV dan perjalanannya

Dies Natalis DKV UK Petra kali ini dirayakan dengan melakukan sharing bersama dosen di void Gedung P lantai 2. Acara dimulai pukul 14.00 dengan sambutan Master of Ceremony (MC). Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sambutan Daniel Kurniawan S., S.Sn., M.Med.Kom., sebagai pembimbing HIMAVISTRA. Setelah mendengarkan sambutan Daniel, kemudian acara memasuki puncaknya, yaitu sesi sharing. Sesi sharing ini dibawakan Andrian Dektisa H., S.Sn., M.Si., seorang dosen Prodi DKV. Andrian membuka sharing-nya dengan menceritakan sejarah Prodi DKV UK Petra. Mahasiswa mendengarkan cerita  perejalanan DKV UK Petra selama 20 tahun hingga akhirnya berhasil mendapatkan akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) selama tiga tahun berturut-turut. Andrian juga menjelaskan, untuk menjadi yang terbaik, mahasiswa DKV UK Petra dituntut berjuang lebih keras. Misalnya saja mahasiswa DKV banyak “dihajar” dosen-dosennya. Dihajar di sini maksudnya,  mahasiswa perlu berjuang lebih giat untuk mendapatkan nilai bagus. Hal ini bertujuan agar mahasiswa DKV memiliki mental tidak mudah menyerah.

Awarding

Seusai Andrian membagikan pengalamannya, acara dilanjutkan dengan sesi awarding. Pada sesi ini, dosen-dosen yang memenangkan penghargaan dari setiap kategori dipanggil maju dan menerima penghargaan dari panitia. Ada enam kategori yang dilombakan, dosen tergalak, dosen tercantik, dosen terganteng, dosen terlucu, dosen ter-friendly, dosen ter-fashionable, dan dosen tersabar. Selain memberikan suara untuk sesi awarding, mahasiswa juga dapat menyampaikan perasaannya kepada dosen-dosen mereka melalui sesi penghargaan dosen. Di sini, mahasiswa memberikan surat pendek kepada dosen. Isi dari surat dapat berupa ungkapan perasaan, ucapan terima kasih, dan sebagainya.

Berakhirnya sesi penghargaan dosen juga menjadi penutup rangkaian perayaan Dies Natalis DKV kali ini.  Acara diakhiri dengan doa penutup dan ramah-tamah. Perayaan Dies Natalis DKV kali ini juga sekaligus menjadi kegiatan Persekutuan Program Studi yang terakhir periode ini bagi mahasiswa DKV. Anastasia Benita, ketua panitia perayaan ini, berharap mahasiswa DKV dapat menjadi lebih aktif dan meninggalkan sikap apatis mereka. Mahasiswa Prodi DKV angkatan 2016 ini juga berharap, melalui sharing kali ini, mahasiswa dapat lebih termotivasi berprestasi dan berkarya.

 

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More