COP Talkshow: Everyone Can Be a Hero

COP_CELINE-3

Fotografer : Celine Martha

COP Talkshow: Everyone Can Be a Hero!

Oleh: Denalyn Istianto

Jumat (17/11/2017), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) mengadakan acara COP Talkshow. Talkshow ini diadakan sebagai salah satu rangkaian acara Community Outreach Program (COP) yang akan berlangsung pada Juli-Agustus 2018. “Tujuan awal talkshow ini untuk menggugah kepedulian orang terhadap masyarakat,” jelas Nico Christiono, mahasiswa Program Studi (prodi) Teknik Sipil Universitas Kristen (UK) Petra angkatan 2015 selaku person-in-charge (PIC) acara ini. Talkshow ini dimulai pukul setengah dua siang di Ruang Konferensi 4 Gedung Radius Prawiro UK Petra bertema “Everyone Can Be a Hero.

“Selain menggugah kepedulian, kita juga mencari ‘bagaimana kita menjadi pahlawan? Apakah kita harus memegang senjata? Bagaimana kontribusi kita sebagai masyarakat yang sudah merdeka juga menjadi pahlawan?’” jelas Nico mengenai tema COP Talkshow kali ini.

COP Talkshow mendatangkan tiga orang narasumber yang cukup berpengalaman di bidangnya. Salah satunya ialah Esthi Susanti Hudiono, M.Si., koordinator Komunitas Inklusi Nasional dan Perdamaian Indonesia (KISPI) sekaligus seorang konselor pendidikan yang aktif dalam pengabdian masyarakat. Sebelum talkshow dimulai, Esthi membagikan sedikit ilmunya tentang makna kepahlawanan. “Anda dihadapkan pada suatu panggilan zaman baru, beda dengan zaman Sukarno,” tuturnya, merujuk pada perbedaan era dan nilai-nilai kepahlawanan dalam konteks “kekinian”.

Selain Esthi, COP Talkshow juga menghadirkan dua orang anak muda yang berpengalaman. Mereka adalah Ivana Kurniawati, mahasiswi Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) UK Petra angkatan 2014 dan Lindawati Tjioe, alumni Program Studi Teknik Arsitektur UK Petra sekaligus mantan ketua BEM UK Petra tahun akademik 2013/2014. Ivana adalah seorang aktivis sosial, penggerak literasi dan salah satu pendiri Perpustakaan Jalanan di Taman Bungkul, Surabaya. Ia merangkul anak-anak jalanan lewat buku-buku yang disediakannya setiap minggu.

Selain berbagi ilmu, para narasumber juga berbagi pengalaman dan perasaan mereka saat melakukan kegiatan-kegiatan abdi sosial. Salah satunya adalah Linda. Ia sempat mengikuti COP saat masih berkuliah di UK Petra. Ia menceritakan bagaimana dirinya banyak belajar, mendapatkan keluarga, dan tersentuh ketika berbaur dengan masyarakat di pedesaan selama COP. Linda bahkan sempat meneteskan airmata haru ketika menceritakan kecintaannya akan “keluarga”nya.

“Setiap orang bisa menjadi pahlawan, karena itu jadilah yang terbaik di bidang yang kita lakoni saat ini. Gali diri kita semaksimal mungkin, jadilah pahlawan dengan menggenapkan diri pada senyuman orang lain,” tutur Fanny Lesmana, S.Sos., M.Med.Kom. selaku moderator, memberikan penekanan apa yang telah disampaikan para narasumber sekaligus menutup acara COP Talkshow.

Tagged with:     ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *