COP 2017 : Keep Blessing The Nation

IMG_352a4(1)

Fotografer : Tabita Ovina

COP 2017 : Keep Blessing The Nation

Oleh : Marselina Rusli

Setelah menjalani hampir dari 1 bulan terjun di dalam kehidupan bermasyarakat, Kamis (04/08/2017), merupakan penutupan dari seluruh rangkaian kegiatan Community Outreach Program (COP) 2017 area Jawa Timur (Jatim). Kegiatannya sendiri yang dimulai sejak Senin (10/07/2017) ini ditutup dengan penampilan dari 176 peserta baik dari dalam maupun luar negeri yang sudah terbagi ke dalam 8 kelompok. Ke-8 kelompok ini menampilkan talent show menari dan menyanyi. Pemutaran video perjalanan para peserta dari keberangkatan, kegiatan bersama warga sekitar, hingga kepulangan menjadi penutup dalam closing ceremony hari ini.

COP sendiri sebenarnya diadakan dengan tujuan agar mahasiswa menerapkan apa yang sudah di pelajari selama duduk dibangku kuliah dan menerapkannya kepada masyarakat. Selain itu, menurut Frans Limbong, ST.,M.Ap, selaku ketua koordinator acara, COP ini diadakan agar para mahasiswa bisa memperlajari budaya masyarakat sekitar, kehidupan masyarakat sederhana, memperlajari bagaimana harus berinteraksi dengan orang yang berbeda etnis dan kebudayaan. Karena bagi Frans, tidak semua hal seperti cara berinteraksi dengan sesama bisa didapatkan di dalam kelas, tetapi di luar universitas pun kita bisa mendapatkannya.

Keistimewaan COP yang diadakan di Mojokerto ialah Universitas Kristen (UK) Petra bekerja sama dengan 14 universitas yang ada di dunia, pemerintah kabupaten Mojokerto, dan yayasan pondok kasih, dan yayasan lain untuk fokus terhadap pengadaan air bersih.

Dengan tema Keep Blessing The Nation, Frans pun berharap agar dengan adanya acara ini, mahasiswa-mahasiswa yang menjadi peserta COP bisa menjadi berkat bagi warga yang ada di tempat itu, dan bagi mahasiswa, Frans berharap kegiatan yang merupakan bagian dari service learning ini bisa menjadi bekal di dalam kehidupan mereka itu sendiri.

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *