Communiphoria 2020: Jejak Setapak untuk Beranjak

Fotografer: Nicholas Abdiel

Communiphoria 2020: Jejak Setapak untuk Beranjak

Oleh: Gabriele Tjiphanata

Jumat (10/1/2020), acara Communication Euphoria (Communiphoria) 2020 resmi dimulai. Communiphoria merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh program studi (prodi) Ilmu Komunikasi (Ikom) Universitas Kristen (UK) Petra sejak tahun 2014. Acara ini merupakan salah satu acara terbesar Ikom UK Petra untuk memperkenalkan prodi Ikom kepada siswa dan siswi SMA di berbagai kota. Mengangkat tema “Handprints”, acara ini ingin memberikan kesadaran kepada setiap orang bahwa sudah seharusnya sebagai generasi yang melek terhadap permasalahan global, kita harus peduli dan merawat lingkungan serta memberikan jejak yang baik di bumi ini.

Opening Communiphoria 2020 bertempat di Ruang Amphitheatre UK Petra. Peserta dipersilakan untuk melakukan registrasi pada jam 8.30 WIB dan memilih workshop yang ingin mereka ikuti. Acara kemudian dimulai dengan pemutaran teaser dan video singkat mengenai Ikom UK Petra. Lalu dilanjutkan dengan kata sambutan dari Megawati Wahjudianata, S.Sos., M.Med.Kom selaku perwakilan dari Steering Committee dan Daniel Budiana, S.Sos., M.A selaku Ketua Prodi Ilmu Komunikasi UK Petra. “Workshop kali ini akan memberikan banyak pembelajaran bagi teman-teman, kita akan belajar mengenai apa itu komunikasi. Komunikasi yang tidak hanya sekadar ‘komunikasi’, melainkan lebih dari itu,” ujar Daniel.

Acara kemudian disandingkan dengan tampilan band dari prodi Ikom untuk mencairkan suasana. Band dengan nama Bear Band ini membuka tampilan mereka dengan lagu Heal The World dari Michael Jackson. Menurut mereka, alasan memilih lagu ini karena lagu ini bercerita tentang harapan seseorang untuk mewujudkan perubahan dalam kehidupan dan setiap orang punya kesempatan untuk mengubah dunia ke arah lebih baik asalkan punya cinta dan empati dalam hati mereka.

Setelah disuguhkan dengan tampilan band yang sangat menghibur, peserta kemudian dirotasikan oleh panitia untuk mengikuti workshop yang telah mereka pilih pada awal registrasi. Workshop terbagi menjadi lima bagian yakni, public relation, radio, televisi, jurnalistik, dan jurnalistik layout. Pada workshop tersebut, peserta akan diberikan materi serta praktik sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Pada pukul 14.00 WIB, peserta dirotasikan kembali ke Amphitheatre untuk briefing mengenai lomba yang bisa diikuti oleh peserta Communiphoria 2020.  Acara kemudian ditutup dengan ajakan untuk mengikuti lomba dan doa yang dipimpin oleh Master of Ceremony (MC).

About the author /


Avatar