Cloud Based System Seminar: Network in Cloud

Fotografer: Evandruce Filbert

Cloud Based System Seminar: Network in Cloud

Oleh: Alvin Ramasurya Wony’s

“Network in Cloud memiliki signifikasi bahwa sistem IT tradisional sudah berpindah menjadi sistem yang berada di cloud.” Itulah yang disampaikan Michael Kurniawan Soegeng, ketua panitia Cloud Based System Seminar, saat memberikan kata sambutan. Hal inilah yang menjadi alasan bagi Michael memilih tema tersebut.

Sabtu (28/4/2018), Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Petra (HIMAINFRA) mengadakan Cloud Based System Seminar. Seminar yang diadakan di Ruang Konferensi 4 Gedung W Universitas Kristen (UK) Petra ini mengundang Ari Widya Putra, S.Kom. seorang teknisi senior dari PT. Qwords Company International sebagai pembicara. Seminar yang mengangkat tema “Network in Cloud” ini dihadiri oleh 95 mahasiswa dari berbagai universitas di Jawa Timur.

Acara dibuka dengan sambutan dari Michael selaku ketua panitia dan Billy Jonathan selaku perwakilan dari HIMAIFRA. Setelah mendengarkan sambutan, acara dilanjutkan dengan seminar dan workshop oleh Ari Widya. Ari membuka seminarnya dengan memperkenalkan apa itu cloud based system dan perbandingannya dengan sistem tradisional. Dalam cloud based system, pengguna lebih memiliki kebebasan untuk menggunakan pelayanan sesuai dengan keinginan pengguna, pengguna juga bisa meningkatkan pelayanan dengan lebih cepat dan kapan saja, pengawasan penggunaan sistem juga menjadi salah satu keunggulan dari cloud based system. Kemudian Ari menjelaskan bagaimana memilih penyedia layanan cloud service dengan baik.

Seusai seminar, peserta mendapatkan kesempatan untuk beristirahat makan siang dan salat sebelum kembali lagi untuk menyaksikan demo dari pihak Qwords. Pihak Qwords mendemokan proses pembuatan web hosting. Peserta  kemudian diberi kesempatan untuk mencoba melakukan kembali bagian-bagian dari proses pembuatan web hosting.

Acara berlansung hingga pukul 17.00 dan ditutup dengan sesi foto bersama. Michael selaku ketua kegiatan berharap agar ilmu yang didapatkan peserta dapat berguna dan bisa menambah pengetahuan mereka.

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More