City Tour dan Welcome Dinner oleh Pemerintah Kota Surabaya Mulai AUPF 2018

Fotografer: Evandruce Filbert

City Tour dan Welcome Dinner oleh Pemerintah Kota Surabaya Mulai AUPF 2018

Oleh: Alvin Ramasurya Wony’s

Rangkaian acara 17th Asian University Presidents Forum (AUPF) resmi dimulai pada Selasa (6/11/2018). Tahun ini, Universitas Kristen (UK) Petra mendapat kesempatan menjadi tuan rumah AUPF.

Diawali dengan check-in dan registrasi di Hotel Sheraton Surabaya pada pukul 13.00, kegiatan dilanjutkan dengan city tour yang disponsori oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Ada empat lokasi yang dikunjungi pada city tour kali ini, yaitu House of Sampoerna, Taman Harmoni, Koridor Coworking Space, dan Command Center 112.

City tour ini rupanya tidak diikuti oleh seluruh peserta. Beberapa pemimpin universitas yang tergabung dalam Standing Committee melakukan rapat Standing Committee di Hotel Sheraton Surabaya. Dalam rapat ini, dibahas usaha-usaha yang dapat dilakukan oleh universitas anggota AUPF untuk mempersiapkan sumber daya manusia dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 yang sedang berlangsung.

Pukul 18.00, para peserta berkumpul di Rumah Dinas Walikota Surabaya untuk mengikuti welcome dinner persembahan dari Walikota Surabaya. Serangkaian kegiatan welcome dinner diawali dengan sambutan dari Wali Kota Surabaya, Dr. (H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M.T. dan dilanjutkan dengan Rektor UK Petra, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng.. Setelah itu, dilakukan pertukaran cendera mata antara Pemkot Surabaya dengan UK Petra dan perwakilan peserta AUPF dari Busan, Korea Selatan.

Selain sambutan dan penyerahan hadiah, ada juga persembahan dari Yayasan Pendidikan Anak Buta (YPAB) Surabaya. Diwakilkan oleh kelompok musik anak-anak, mereka membawakan dua lagu khas Surabaya yaitu Rek Ayo Rek dan Semanggi Suroboyo. Pada kesempatan kali ini, Christina E. Mediastika, Ph.D., salah seorang dosen Program Studi (Prodi) Arsitektur UK Petra, menyampaikan penelitiannya mengenai soundscape dari taman kota di Surabaya. Christina meneliti mengenai bagaimana bunyi-bunyian mempengaruhi tingkat kenyamanan penggunanya, terutama tunanetra. Kemudian, kegiatan malam itu ditutup dengan ramah tamah dan peserta diarahkan untuk kembali ke hotel.

Menjadi tuan rumah AUPF 2018 adalah salah satu kebanggaan UK Petra tahun ini ‘lho, Sobat GENTA. Pastikan Sobat tidak ketinggalan beritanya, ‘ya! Simak terus kelanjutan AUPF 2018 di artikel berikutnya!

About the author /


Avatar