Camp Fasilitator: Lead to Make Leaders

Fotografer: Celine dan Evandruce

Camp Fasilitator: Lead to Make Leaders

Oleh: Natania Wahyuni T dan Alvin Ramasurya

Hello Petra People! Yuk kita ngintip salah satu behind the scene dari Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa-Tingkat Dasar (LKMM-TD) mendatang.

Nantinya, seluruh calon fasilitator (pendamping mahasiswa baru dalam LKMM-TD) akan mendapatkan pembekalan dalam Camp fasilitator  dan berlangsung pada Kamis (19/10/2017) hingga Sabtu (21/10/2017). Nah, sebelum para calon fasilitator ini melaksanakan camp yang nantinya diadakan di Puncak Ayanna Hotel & Resort Trawas, mereka mendapatkan materi dari dua orang pembicara yaitu John Gustaf Reinhart Hermanus, S.T., salah satu dosen program studi arsitektur Universitas Kristen (UK) Petra dan  Roni Anggoro, S.T., M.A., kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni UK Petra. Pembekalan materi diberikan di ruang T 3.12 dan T 3.26 UK Petra.

Dari total 80 orang calon fasilitator, sebanyak 27 diantaranya mengikuti materi hari ini. Mereka adalah calon fasilitator yang baru pertama kali, sehingga belum pernah mengikuti camp. Materi yang disampaikan Roni dan John tentunya bagi persiapan para calon dalam tugas yang dilakukan nantinya. John memberikan materi tentang bagaimana seorang fasilitator harus menyadari bahwa dia adalah gambar dan rupa Allah dan harus menyadarkan mahasiswa baru bahwa mereka juga merupakan gambar dan rupa Allah. Sedangkan Roni memberikan Pola Pengembangan Mahasiswa (polbangmawa). Roni mengajak kita untuk tidak hanya sekedar memandu, melainkan kita harus peduli kepada orang lain. Polbangmawa, menurut Roni, sebenarnya dibuat untuk menemukan potensi diri mahasiswa.

Setelah mendapatkan pembekalan, para calon fasilitator akan berangkat menuju Puncak Ayanna Hotel & Resort Trawas untuk mendapatkan sesi lainnya. Para calon fasilitator menginap di hotel Ayanna selama dua malam hingga Sabtu(21/10/2017).

“Saya berharap agar para calon fasilitator bisa tahu esensi dan bisa menyampaikan esensi tersebut kepada mahasiswa baru, agar mahasiswa baru bisa menjadi lebih baik,” kata Lovina Junita, Ketua Pelaksana LKMM-TD 2018, ketika ditanya oleh GENTA tentang harapannya bagi para calon fasilitator.

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More