Bulan Inspirasi Mahasiswa: Inspirational Talk with Dedhy Baroto

Fotografer : Celine M

Bulan Inspirasi Mahasiswa: Inspirational Talk with Dedhy Baroto

Oleh : Robin R

Pada hari Kamis lalu (15/03/18) Inspirational Talk, sebuah seminar yang termasuk dalam rangkaian acara Bulan Inspirasi Mahasiswa (BIM), telah diselenggarakan. Dipandu Kevin Jonathan selaku oleh Master of Ceremony (MC), acara ini berlangsung dari pukul 17.00-19.00 di Ruang Audio Visual Gedung T (AVT) 501 . Mengusung tema “Young and Impactful”, Dedhy Baroto Trunoyudho, hadir sebagai pembicara. Dedhy adalah sosok pendiri dari Garda Pangan, sebuah startup sosial yang bergerak dalam bidang food bank.

Why bin it if you can feed the people in need.”

Kata-kata tersebut tertulis di slide yang mengawali penjelasan Dedhy mengenai usaha sosialnya. Secara garis besar, Garda Pangan mengumpulkan makanan sisa yang masih layak makan dari berbagai usaha foodservice, seperti bakery dan restoran, untuk didonasikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Berawal dari business catering yang diwariskan, Dedhy melihat sebuah masalah yang umum terjadi dalam acara pernikahan, yakni banyaknya sisa makanan yang masih layak makan. Berawal pada Juni 2017, Garda Pangan berkembang pesat dengan berbagai kompetisi yang diikutinya, termasuk ‘Gerakan 1000 Startup Digital’, sehingga mendapat banyak exposure untuk mendukung aksi sosial tersebut. Hingga hari ini, startup yang berbasis di Surabaya ini membagikan sekitar 90 porsi makanan setiap malamnya kepada 50 penerima manfaat. Beberapa penerima manfaat tersebut berupa penghuni rumah susun, rumah singgah, dan panti asuhan.

Tentunya, dalam segala sukses yang dirasakan Dedhy, terdapat banyak pula usaha yang dilakukan untuk mencapainya. Pada awalnya, Garda Pangan memiliki berbagai kesulitan secara finansial. Setelah beberapa lama, ada berbagai donatur yang membantu dengan menyumbangkan uang secara finansial. “Bahkan ada donatur yang mau menyediakan rumah untuk basecamp Garda Pangan,”tuturnya.

Sebelumnya melakukan food rescue sendirian, Garda Pangan sekarang memiliki 60 relawan yang baru direkrut pada Januari 2018 untuk membantu Dedhy melakukan food rescue, atau penyelamatan makanan sisa. Dedhy mengatakan bahwa recruitment akan dilakukan kembali pada Juni 2018 bagi relawan yang komitmen dan berminat di bidang tersebut.

Inspirational Talk ini diharapkan membuat mahasiswa lebih kritis terhadap masalah yang ada di masyarakat. “Tujuannya(Inspirational Talk, -red)untuk mengembangkan wawasan mereka dan menginspirasi supaya mau berdampak bagi masyarakat,”tutur Kevin Adi, ketua panitia BIM.

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More