Bulan Inspirasi Mahasiswa: High School Extravagance Debate Competition 2018

Fotografer: Boby Kristiyanto W.

Bulan Inspirasi Mahasiswa: High School Extravagance Debate Competition 2018

Oleh: Denalyn

Satu lagi kompetisi hangat diadakan sebagai rangkaian acara Bulan Inspirasi Mahasiswa (BIM). High School Extravagance Debate Competition (HXDC) diadakan 9-11 Maret 2018. Tiga hari rangkaian acara ini terdiri atas technical meeting, preliminary round dan final round. Berbeda dengan lomba esai dan video yang terbuka untuk umum, lomba debat ini hanya menerima peserta yang berstatus siswa SMA sederajat dari seluruh Indonesia.

Selaras dengan tema besar BIM yaitu “The Generation of Change“, topik debat yang diangkat disesuaikan dengan masalah yang tengah dialami masyarakat saat ini, misalnya agama. Untuk ketentuannya, HXDC menggunakan format Asian Parliamentary. Selain itu, HXDC juga mendatangkan adjudicator dari beberapa universitas, seperti Universitas Kristen (UK) Petra, Surabaya dan Universitas Brawijaya, Malang. Para adjudicator ini berstatus alumni atau mahasiswa tingkat atas. HXDC dilangsungkan di beberapa tempat yang tersebar di Gedung P lantai 6 dan 7. Para peserta menerima pengarahan bersama di main hall yang terletak di P.708, kemudian dirotasikan ke ruangan-ruangan lain yang masing-masing berisi satu tim government, satu tim opposition dan satu orang adjudicator.

Lomba debat ini merupakan acara tahunan yang biasanya diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) English Debate, namun tahun 2018 ini dimasukkan ke rangkaian acara BIM. BIM sendiri baru pertama kali diadakan tahun ini.

HXDC diharapkan dapat memacu para siswa berjuang dan berlatih untuk ajang perlombaan debat yang lebih besar, seperti lomba debat tingkat nasional. “Tidak cuma mempersiapkan diri untuk ajang nasional, namun lomba ini diharapkan dapat memperkenalkan debat itu seperti apa (sistemnya, -red.),” tutur Laurentia Olivia, person-in-charge (PIC) HXDC dari tim panitia BIM.

BIM akan segera diakhiri dengan inspirational talk yang diadakan pada 15 Maret 2018 mendatang.

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More