Briefing LKMM-TD: The Unexpected Journey

Photographer : Ferdiantio JS

Briefing LKMM-TD: The Unexpected Journey

Oleh: Natania Wahyuni T & Alvin Ramasurya W

Sebelum mendapatkan pembekalan dalam Latihan Keterampilan Manajerial Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD), seluruh mahasiswa baru (maba) diwajibkan untuk mengikuti briefing session yang terbagi kedalam 3 shift. Diselenggarakan di Auditorium Universitas Kristen (UK) Petra, shift pertama diadakan Rabu (6/12/2017) pukul 18.00-20.00, sedangkan shift kedua diadakan hari Kamis (7/12/2017) pukul 16.30-18.30 dan langsung dilanjutkan dengan shift ketiga hingga pukul 20.30.

Mengangkat tema “The Unexpected Journey”, briefing diawali dengan sambutan oleh Lovina Junita, Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2016 selaku ketua panitia LKMM-TD 2018. Setelah itu langsung dilanjutkan dengan pemberian materi dari setiap koordinator divisi. Beberapa hal yang disampaikan dalam briefing ialah mengenai peraturan, materi-materi yang akan diterima dalam sesi, serta barang bawaan yang harus dibawa saat mengikuti pelaksanaan LKMM-TD.

Sepenting apakah memangnya proses LKMM-TD ini?

LKMM-TD merupakan kegiatan wajib untuk seluruh mahasiswa baru, yang menjadi salah satu syarat mengikuti wisuda. Disini mahasiswa diajak untuk menjadi aktif dan mengembangkan potensi diri masing-masing. Materi yang akan di dapatkan mahasiswa tidak hanya di pakai di dunia perkuliahan, namun juga bisa diaplikasikan saat magang atau di dunia kerja. Semua mahasiswa mempunyai talenta yang perlu diasah. Talenta ini tentu bisa menjadi kekuatan untuk meraih tujuan hidup. Memang awalnya susah, namun di situlah tantangan peserta sebagai mahasiswa melawan zona nyaman.

Yang ditekankan disini adalah bahwa LKMM-TD bukanlah Welcome Gratefull Generation (WGG) atau ospek kedua. Melainkan sebagai persiapan mahasiswa untuk menjalani kegiatan organisasi dan proses pembuatan sebuah kegiatan. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada LKMM-TD kali ini diadakan sistem poin talenta. Di sini peserta memiliki poin yang mengukur keaktifan mereka selama proses kegiatan. Poin talenta ini berlaku untuk setiap kelompok dan dapat bertambah dan berkurang sesuai dengan keaktifan peserta kelompok. Tentunya akan ada reward bagi kelompok dengan poin talenta tertinggi.

Apa itu fasilitator?

Fasilitator berbeda dengan panitia. Fasilitator merupakan mahasiswa yang dipilih oleh Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni (BAKA) untuk membimbing peserta mengasah potensi dirinya. Dalam LKMM-TD, BAKA juga memilih pemandu yang merupakan dosen atau karyawan UK Petra yang akan membantu maba dalam proses belajar di LKMM-TD.

Menurut Lovina, materi yang akan diberikan dalam LKMM-TD akan berguna bagi mahasiswa, karena sebagai mahasiswa, kita harus melakukan perubahan dan materi yang didapat dari LKMM-TD bisa mendukung hal tersebut. “Aku harap mahasiswa bisa benar-benar belajar  dan mempraktikkan apa yang diberikan di LKMM-TD kelak. Sehingga kita bukanlah mahasiswa Universitas Kristen (UK) Petra yang cuma sekedar lulus, namun juga memberi dampak,” ujar Lovi.

Sudah siapkah Sobat GENTA melawan zona nyaman dan berproses di LKMM-TD? Be Ready for Your Unexpected Journey!

Untuk informasi lebih lanjut mengenai LKMM-TD 2018, sobat GENTA bisak cek instagram @LKMMTD_PETRA !

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More