Bittersweet Temptation: Mengenal Bahaya Narkoba Bersama Benny Pattinasarany

Bittersweet Temptation: Mengenal Bahaya Narkoba Bersama Benny Pattinasarany

Oleh: Alvin Ramasurya Wony’s

“You don’t need heroine to be a hero.”

Itulah pesan yang disampaikan dalam video pembukaan seminar nasional “Bittersweet Temptation” yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Petra Peduli Napza (MATRAPENZA) bersama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kristen (UK) Petra.

Seminar yang diadakan pada Sabtu (5/5/2018) ini diadakan di Ruang Auditorium Gedung EH UK Petra. Seminar yang dihadiri oleh lebih dari 200 peserta ini mengundang Benny Pattinasarany yang sekarang menjabat sebagai General Secretary di Ronny Pattinasarany Foundation sebagai pembicara.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kolonel Marinir (Purn.) Boy Freddy Malonda sebagai perwakilan dari Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan yang hari itu berhalangan hadir. Dalam sambutannya, Kepala Unit Ketahanan Kampus (UKK) itu mengingatkan kepada para mahasiswa untuk tetap waspada karena narkoba bisa berada di dekat kita tanpa kita sadari. Sambutan dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua kegiatan, Erica Dea. Erica mengajak kita untuk mau menghindari godaan narkoba yang mungkin akan terlihat manis di awal tetapi pasti akan berakhir pahit.

Setelah kedua sambutan, Fanny Lesmana, S.Sos., M.Med.Kom. selaku moderator memberikan kesempatan bagi Benny untuk memasuki panggung dan memulai seminar. Benny yang merupakan mantan pecandu narkoba menceritakan kisah hidupnya. Benny sempat keluar dari rumah dan tinggal di jalanan karena narkoba. Menurut Benny, narkoba telah menghancurkan hidupnya dan merebut rumah, mimpi, pendidikan dan bahkan keluarga Benny. Setelah bertahun-tahun terjerat narkoba, Benny akhirnya bisa lolos dari jeratan narkoba. Dari proses rehabilitasinya, Benny belajar bahwa jika seseorang ingin lepas dari pengaruh narkoba, akan sangat sulit jika hanya mengandalkan kekuatan sendiri. Seseorang juga harus selalu mengandalkan kekuatan Tuhan untuk membantunya.

Dari pengalamannya, Benny ingin membantu orang-orang yang terjerat narkoba. Benny bersama dengan Ronny Pattinasarany Foundation mengadakan Gerakan Stop Cuek. Dari gerakan ini, Benny mengajak kita agar kita tidak cuek dengan keadaan sekitar kita. “Kita tidak bisa mengubah orang, tetapi kita bisa membuat orang mau berubah,” kata Benny.

Setelah seminar dari Benny, kegiatan ditutup dengan pemberian plakat kepada moderator dan pembicara. “Saya berharap dari seminar Bittersweet Temptation, para peserta bisa mengenal, dan menolak godaan-godaan manis narkoba yang akan berakhir pahit,” ujar Erica ketika ditanya GENTA mengenai harapannya.

Sobat GENTA, sudah tahu kan bahayanya narkoba. Mari kita jauhi narkoba sebelum terlambat. Karena seperti kata Benny “Tidak semua hal yang bikin kita penasaran harus diturutin.”

 

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More