Bharatika Festival 2018: Rindu !

Fotografer : Jessica Sinarjo dan Evandruce Filbert

Bharatika Festival 2018: Rindu

Oleh : Joana

Suasana tempoe doeloe langsung terasa ketika GENTA menjejakan kaki di gerbang depan Bharatika Festival 2018.Dengan mengangkat tajuk Rindu,Bharatika Festival kali ini rupanya memang ingin membawa para pengunjung kembali menikmati trend era 1990-an yang telah terlupakan.Dengan dekorasi yang sesuai dan alunan musik yang mendukung, venue luas yang berlokasi di Balai Pemuda Surabaya tersebut benar-benar sukses dibekukan dalam waktu.Para pengunjung pun tampak tersedot perhatiannya menikmati puluhan karya dalam suasana nostalgia.

Mengangkat tema yang agak berbeda, festival desain Bharatika yang diadakan secara rutin setiap tahun oleh Fakultas Seni dan Desain kali ini berhasil memikat pengunjung untuk berkerumun menikmati pameran hasil-hasil karya 60 finalis dari 12 jenis perlombaan yang diselenggarakan.  Selain itu,ada juga karya-karya hasil seleksi online submission yang ikut dipamerkan.Festival berskala internasional ini bahkan diikuti oleh peserta-peserta yang berasal dari 6 negara berbeda, yaitu Malaysia, Singapura, Taiwan, Cina, Australia, dan tentu saja Indonesia. Dari 12 jenis perlombaan yang berbeda,  10 diperuntukan bagi mahasiswa dan 2 lainnya khusus untuk siswa-siswi SMA.

Ada 4 kategori besar yang memayungi 12 jenis perlombaan Bharatika Festival tahun ini.Yang pertama adalah Tirta.Lomba-lomba yang berada di bawah kategori ini adalah print advertisementintegrated campaign, packaging design, corporate identity, dan conceptual design.Yang kedua yaitu Agni yang memayungi perlombaan chair design, lamp armature design, visual merchandising, dan apartment lobby design. Ketiga, ada kategori Bayu untuk lomba innovation challenge. Terakhir adalah kategori SMA Buana untuk lomba photography dan illustration.

Tujuan utama diadakannya ajang ini adalah untuk memberikan wadah bagai para desainer muda untuk dapat berkarya,berkompetisi,dan mengukur kemampuan mereka masing-masing. Menurut ketua Bharatika Festival 2018, Margareth Thresea Wijaya, saat ini tingkat kesadaran masyarakat Surabaya terhadap kesenian dan budaya masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan masyarakat dari negara-negara tetanggal lain seperti Australia dan Singapura. Karena itulah diperlukan festival-festival seni seperti ini untuk meningkatkan awareness masyarakat kita.

Untuk ke depannya,Margareth berharap agar akan ada semakin banyak desainer muda yang tertarik untuk bergabung dalam berbagai perlombaan Bharatika Festival. Jenis-jenis acara,tema,dan konsep festival juga diharapkan dapat semakin berkembang dan semakin outstanding. Sukses terus ya,Bharatika! Tahun depan ikutan lagi, yuk sobat GENTA!

About the author /


Avatar

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *