Bharatika 2019: Ajak Insan Muda Kreatif Berkarya Dengan Sukacita

Fotografer: Sesillia Alexandra

Bharatika 2019: Ajak Insan Muda Kreatif Berkarya Dengan Sukacita

Oleh: Patrick Jonathan

Minggu (28/4/2019), rangkaian acara Bharatika Creative Design Festival (Bharatika) 2019 telah mencapai puncaknya. Bertempat di Gedung Balai Pemuda Surabaya, acara ini berlangsung mulai tanggal 26-28 April 2019. Bharatika merupakan festival seni dan desain yang diselenggarakan oleh Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Kristen (UK) Petra, dan tahun ini merupakan penyelenggaraan yang keempat. Ada banyak kegiatan di dalam festival ini, ada creative talk, workshop, pameran, lomba, creative market, dan live music. Tahun ini Bharatika mengambil tema Sukacipta Bharatika. Melalui tema tersebut, Bharatika ingin mengajak anak-anak muda menciptakan karya-karya kreatif dengan penuh sukacita.

Pada hari terakhir ini, diadakan Awarding Night yang merupakan puncak acara Bharatika 2019. Ada empat kategori lomba yang akan diumumkan pemenangnya pada hari ini yaitu kategori Buana (fotografi dan fashion design), Bayu (desain produk), Agni (desain interior) dan Tirta (Desain Komunikasi Visual). Dari keempat kategori tersebut, ada 10 lomba tingkat universitas dan 2 lomba tingkat SMA. Selain itu, ada 3 penghargaan tambahan yaitu Best Cultural Content, Best Idea of Category, dan Best University. Tidak hanya pengumuman pemenang lomba, awarding night Bharatika juga memberikan doorprize satu buah tablet grafis yang diundi untuk 50 orang pertama yang datang.

Cerita menarik datang dari Vincent Alston dan Antonio Kohar, siswa SMAK St. Louis 1 Surabaya yang berhasil memenangkan lomba fotografi untuk kategori Buana. Awalnya mereka tidak menyangka akan menjadi pemenang, karena motivasi mengikuti lomba ini hanya sekadar mencari pengalaman. Ditambah lagi Antonio pernah mengikuti ajang serupa di tahun sebelumnya, namun belum berhasil menang. “Kaget sih bisa menang, apalagi tahun ini tingkat kesulitannya lebih tinggi. Kita harus foto di lokasi yang sama dengan peserta yang lain, jadinya sulit mencari obyek foto yang pas,” ucap Antonio. “Untuk kedepannya sih, aku berharap bisa memperdalam dunia fotografi lagi, dan juga mencari tantangan yang baru,”ucap Vincent.

Menurut Velisia Ollin, ketua panitia Bharatika 2019, jika dibandingkan dengan Yogyakarta, Festival Seni dan Desain di Surabaya masih kurang mendapat perhatian. Oleh karena itu, melalui acara ini Bharatika ingin mewadahi insan muda kreatif untuk berkarya dengan sukacita. “Semoga Bharatika tahun depan lebih baik, dan bisa berkembang dalam semua aspek. Selain itu kita juga berharap Festival Seni dan Desain lebih diapresiasi di Surabaya,” ucap Velisia menegaskan.

About the author /


Avatar