Bermain dan Belajar Berorganisasi Melalui Simulasi

Peserta ICC sedang mendengarkan instruksi dari panitia di salah satu pos rally games.

Fotografer : William Evan

Bermain dan Belajar Berorganisasi Melalui Simulasi

Oleh : Patrick Jonathan

Sabtu (22/09/18), Himpunan Mahasiswa Informatika Petra (HIMAINFRA) mengadakan kegiatan Informatics Committee Club (ICC) 2018. Mengangkat tema “Play and Learn”, ICC 2018 mengajak para mahasiswa baru Program Studi (Prodi) Teknik Informatika dan Sistem Informasi Bisnis (SIB) untuk bermain sekaligus belajar mengenai kepanitiaan. Acara berlangsung selama dua hari, yaitu pada Sabtu (22/09/18) dan (29/09/18).

Hari pertama, Sabtu (22/09/18), para peserta diajak untuk bermain dalam rally games. Mereka terbagi dalam beberapa kelompok dan bermain di setiap pos yang tersebar di Gedung P lantai tiga hingga enam. Ada sepuluh pos yang harus mereka ikuti, dan di tiap pos dijelaskan bagaimana cara kerja setiap divisi.

Hari kedua, Sabtu (29/09/18), para peserta diajak untuk melakukan simulasi. Setiap kelompok diberi tugas untuk membuat suatu kegiatan, kemudian kegiatan ini akan dilaksanakan dengan kelompok lain sebagai pesertanya.

Setiap kelompok harus merancang acaranya sendiri, lalu disimulasikan kepada kelompok lainnya. Salah satu kelompok mengadakan acara seminar dengan tema “Priority With Balance”. Bertempat di Gedung P 6.11, seminar ini mengundang Vincentius Albert sebagai narasumber. Albert membagikan pengalamannya dalam mengikuti kepanitiaan di UK Petra. Albert berpesan bahwa para mahasiswa baru harus membuat prioritas yang seimbang antara kuliah dan panitia. Jangan sampai para mahasiswa baru mengorbankan kuliah hanya demi panitia, begitu pula sebaliknya.

Setelah seminar selesai, kelompok yang telah menjalankan acaranya berganti menjadi peserta. Sedangkan kelompok yang tadi menjadi peserta berganti menjadi panitia, dan harus menjalankan acara yang telah mereka buat. Ketua Panitia ICC 2018, Lucia Stefanie, berharap agar para peserta bisa menerapkan softskill yang mereka dapat selama ICC 2018, dan paham bagaimana cara berorganisasi melalui kepanitiaan. Mereka telah melakukan simulasi, jadi harapannya mereka bisa bekerja dengan baik dalam kepanitiaan.

Tagged with:     , ,

About the author /


Avatar