Berikan Pengetahuan Lebih Tentang Pembuatan Batik dalam Batik Days 2018

Fotografer: Winnie Tungmiharja

Berikan Pengetahuan Lebih Tentang Pembuatan Batik dalam Batik Days 2018

Oleh : Nikita Luisa

Opening Batik Days yang diadakan pada Jumat (19/10/2018), resmi membuka rangkaian acara Batik Days. Mengangkat tema “Implicit Beauty”, Batik Days kali ini diramaikan oleh sekitar 30 peserta yang mengikuti workshop dan lomba. Kegiatan besutan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ini diadakan untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober lalu. Tidak hanya diisi dengan workshop, Batik Days juga menyuguhkan berbagai jenis instagram challenge, lomba komposisi ulang batik, lomba desain batik, dan pameran yang diadakan selama bulan Oktober 2018. Acara-acara tersebut terbuka tidak hanya untuk mahasiswa Universitas Kristen (UK) Petra, melainkan juga siswa-siswi SMA yang memiliki kecintaan lebih terhadap batik.

Kegiatan dimulai tepat pukul satu siang. Sambutan oleh Wiwiek Herminingrum selaku dosen Program Studi (prodi) Desain Interior kembali mengingatkan para peserta mengenai batik sebagai warisan leluhur yang punya segudang keindahan. Rangkaian acara kemudian dilanjutkan dengan workshop yang diadakan di Gedung P lantai 2 dan briefing lomba di Selasar Gedung P. Para peserta workshop diberikan motif yang dapat dipergunakan untuk melukis batik mereka. Dalam pembuatan batik, peserta diberikan kebebasan untuk melukis motif batik sesuai dengan kreativitas mereka.

Acara workshop dibagi menjadi beberapa tahap, yakni tahap pengolahan, pelilinan, pencantingan, serta yang terakhir, tahap pewarnaan. Setelah mulai menggambar dan menjiplak motif pada tahap pengolahan, para peserta workshop diperbolehkan untuk memberikan garis luar dengan menggunakan canting dan tinta yang telah dipanaskan menjadi bersuhu 45 derajat untuk melukis batik. Kemudian, para peserta akan memulai memberikan warna pada batik yang telah mereka desain.

Workshop ini tentunya memberikan kesan-kesan tersendiri bagi setiap peserta. Evelyn Euginia misalnya, ia mengaku memiliki minat untuk mengikuti workshop batik dikarenakan berasal dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ilustrasi. “Aku pengen tahu lebih jauh tentang batik, karena sekarang jarang banget ada anak muda yang tertarik dengan batik,” ujar mahasiswa Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) angkatan 2018 itu. Evelyn mengaku akan mengikuti acara ini di tahun-tahun berikutnya karena workshop ini terbilang asyik dan membuatnya bertemu dengan teman-teman baru.

Nah, sobat GENTA, buat kalian yang tidak sempat mengikuti workshop ini, jangan khawatir, masih ada serangkaian acara Batik Days yang lainnya. Jangan lupa untuk mengikuti keseruan lomba komposisi batik pada hari Rabu (24/10/2018) dan Closing Batik Days pada hari Jumat (26/10/2018). See you!

About the author /


Avatar