Belajar Untuk Melayani, Para Calon Pengurus LK Digodhok Selama Tiga Minggu

Before you are a leader, success is all about growing yourself. When you become a leader, success a is all about growing others- Jack Welch

Hai Sobat GENTA, tak terasa sebentar lagi kita akan mengadakan pesta demokrasi yang biasa kita sebut, Pemilu Universitas Kristen (UK) Petra. Rangkaian Pemilu UK Petra ini dibuka pada tanggal 23 Febuari 2015 dengan agenda yaitu pembukaan, sosialisasi, dan briefing untuk para calon pengurus yang baru. Rangkaian acara dilanjutkan dengan pembukaan pendaftaran pada tanggal 24 Febuari sampai 9 Maret 2015. Lalu, para pendaftar akan mendapat pelatihan pada tanggal 13,20, dan 27 Maret 2015.

Selama tiga hari para penerus tongkat estafet  Lembaga Kemahasiswaan (LK) dibekali dengan berbagai materi untuk menambah kemampuan mereka dalam memimpin organisasi mereka. Salah satu rangkaian  Pemilu Raya ini diadakan tanggal 13, 20, 27 Maret 2015 dengan tema  Effective Leader. “Pertama aku rindu lihat pemimpin yang bisa bekerja dengan baik, yang bisa balance kemahasiswaan dan akademisnya. Kedua program yang ada aku lihat banyak programme yang turunan.  Seharusnya pemimpin itu bisa mencapai suatu goal dengan caranya dia sendiri bukan dari tahun lalu. Kalau kamu ga punya inovasi  kan buat apa gitu, ga berkembang organisasi ini dari tahun ke tahun,” ujar Theodorus Akwila Previan, selaku Ketua Panitia.

Dalam rangkaian pelatihan Effective Leader, terdapat tiga subtema yang diangkat yaitu Know Your Petra Christian University, Fail to Plan ‘is’ ‘Plan to Fail, dan Innovation Challenge. Tema pertama dimaksudkan agar para calon pemimpin bisa menyamakan visi misi universitas dan mencari tahu jalan mereka  agar tidak melenceng. Tema yang kedua dimaksudkan agar para calon yang telah mengetahui visi misi Universitas Kristen Petra (UK Petra) dapat membuat visi misi serta rencana strategi (renstra) sendiri. Sedangkan tema terakhir dimaksudkan untuk melatih para calon pemimpin membuat suatu yang konkrit untuk mencapai visi misi serta renstra yang telah dibuat. Pembicara dalam acara ini adalah Ir. Frederik Jones Syaranamual K. Eng, Tanti Octavia, S.T., dan John G. Reinhart. Pelatihan itu dikemas lewat seminar, diskusi kelompok kecil, serta presentasi yang disertai debat yang diadakan di AVP 708 Dan AVT 501. Tiap acara berdurasi satu setengah jam.

Sobat GENTA mari kita tanya pendapat Edo dan John G Reinhart tetang sosok pemimpin yang dibutuhkan universitaskita serta pesan mereka untuk para pemilih:

“Sosok ketua yang bisa mengatur antara kemahasiswaan dan akademis dimana dia tidak hanya pintar, tapi juga bisa berhubungan dengan orang lain. Kedua benar-benar bisa berdampak dan bisa me­­ngatur orang lain. Dimana pemimpin yang bisa melahirkan kader-kader yang lebih baik dari sebelumnya. Untuk para pemilih, kenali pemimpinmu seperti apa dan bersikaplah kritis. Pemimpin itu siapa aja dan klopkan sama pemimpinmu. Gunakan hak pilih kalian dan bersikaplah objektif,” ujar Edo.

“Saya pikir hal paling sederhana sih. Satu, pemimpin yang punya hati untuk melayani karena orang pinter itu banyak. Hanya orang pinter, jago, dan mau melayani yang berpikirnya bukan hanya jangka pendek dalam masa kepemimpinannya, tetapi dapat dilanjutkan ke orang yang selanjutnya. Butuh orang yang bia melayani dan bukan orang yang hanya memikirin dirinya sendiri. Buat para pemilih, yang pertama ialah jangan tidak milih. Jadikan kesempatan ini untuk latihan kesadaran bahwa mahasiswa yang tidak maju sebagai pemimpin juga punya tanggung jawab dan pengaruh yang sama besarnya. Artinya jangan nanti hanya protes saja. Kalau pun tidak protes sangat disayangkan empat tahun kuliah hanya seperti itu saja, sementara nanti waktu lulus tetap mengalami hal yang serupa di dunia nyata. Jadi ya pilihlah!” ujar John.

Jadi untuk para Sobat GENTA, yuk gunakan hak pilih kalian untuk kemajuan kita bersama dan tentunya untuk UK Petra juga!! (Vina)

 

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More