Belajar Kepanitiaan Melalui Sharing dan Talkshow dalam Hicarus

Fotografer: Divisi Publikasi, Dekorasi, dan Dokumentasi Hicarus

Belajar Kepanitiaan Melalui Sharing dan Talkshow dalam Hicarus

Oleh: Gracella Marthianus

Himpunan Mahasiswa Arsitektur Petra (HIMAARTRA) mengadakan Bank Pantia (bankpan) pada hari Sabtu (8/9/2018). Kegiatan bertajuk Hicarus ini diselenggaran di Gedung P.803 Universitas Kristen (UK) Petra pada pukul 12 siang hingga pukul 5 sore. Diketuai oleh Melissa Permata Dewi dari Program Studi (prodi) Arsitektur angkatan 2017, kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan dalam rangka memperkenalkan kepanitiaan di UK Petra dan menyambut kedatangan mahasiswa baru sebagai partisipan dalam keluarga arsitektur UK Petra.

Kegiatan Bankpan diawali dengan briefing yang terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama merupakan sesi talkshowStefan Rio yang pada kesempatan ini diundang menjadi pembicara memperkenalkan dan menjelaskan apa pentingnya kepanitiaan kepada peserta. Alumni Prodi Arsitektur UK Petra angkatan 2014 itu kemudian memberikan tips untuk dapat menggunakan waktu dengan efektif kepada peserta. Stefan juga memberikan kiat-kiat manajemen diri dan waktu yang baik.

Pada sesi kedua, peserta diberikan materi mengenai divisi-divisi apa saja yang terdapat dalam kepanitiaan. Perwakilan dari setiap divisi membagikan cerita mereka dan juga menjelaskan cara masing-masing divisi bekerja. Selain itu, peserta juga diperkenalkan dengan departemen-departemen yang ada dalam HIMAARTRA. Melalui sharing ini, para peserta diharapkan dapat mengenal lebih dalam mengenai bagaimana sistem kerja dari kepanitiaan yang akan mereka ikuti nantinya.

Tidak berakhir sampai di sini, seusai Hicarupeserta dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti wawancara. Melalui wawancara ini, mahasiswa baru diseleksi untuk memasuki divisi pilihan mereka masing-masing. Proses wawancara berlangsung selama dua minggu, peserta yang lolos tahap wawancara ini memiliki kesempatan bergabung dalam kegiatan Archleague yang merupakan perlombaan olahraga dari Prodi Arsitektur.

Tahun ini HIMAARTRA mengusung tema “Seize the Belt.” Makna dari Seize the Belt sendiri merupakan analogi dari seorang petinju. “Untuk meraih sabuk kemenangannya, mereka (petinju, red.) kan gak cuma belajar teori aja seperti jab, uppercut, dan lain-lain. Mereka juga butuh latihan fisik yang berat. Sama kayak di sini, kita gak cuma belajar teori arsitektur aja tapi juga dilatih soft skillnya dengan cara mengikuti kepanitiaan dan organisasi,” ungkap Melissa. Melissa berharap agar mahasiswa baru dapat terjun langsung ke dalam kegiataan kepanitiaan karena dengan begitu mahasiswa baru dapat melatih soft skill yang mereka butuhkan dalam dunia kerja.

About the author /


Avatar

Scroll Up