Bawa Kaum Milenial Untuk Tidak Apatis Terhadap Politik

Fotografer: William Evan

Bawa Kaum Milenial Untuk Tidak Apatis Terhadap Politik

Oleh: Clarisa Michelle Eugenia

Dalam rangka memperingati hari jadi GENTA ke-55 yang jatuh pada 29 Januari 2019, Pers Mahasiswa (PERSMA) Universitas Kristen (UK) Petra menggelar acara HUT GENTA ke-55. Acara ini dilaksanakan pada Rabu (20/3/2019) di Auditorium Kampus Pusat UK Petra dengan mengangkat tajuk “ASPIRASI: Ajakan ‘tuk Bersuara, Berpikir, dan Beraksi”. ASPIRASI sendiri diangkat dengan berlatar belakang tahun politik Indonesia yang jatuh pada 2019. Talk Show HUT GENTA ke-55 diharapkan dapat menanamkan kesadaran bagi peserta akan pentingnya berpartisipasi dalam kegiatan politik dengan cara bersuara, berpikir, dan beraksi.

Dibuka dengan penampilan dance dari On Five, acara kemudian dilanjutkan dengan doa dan sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Alvin Ramasurya Wony’s selaku ketua panitia HUT GENTA ke-55. Kemudian dilanjutkan oleh Desi Yoanita S.Sos., M.Med.Kom. selaku pembina PERSMA UK Petra dan diakhiri dengan sambutan oleh R. Arja Angka Sadjiarto, S.E., M.Ak., Ak. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UK Petra.

Talk Show HUT GENTA ke-55 disemarakkan oleh kehadiran dua bintang tamu, yaitu Martin Anugrah, founder dari Cameo Project dan Pangeran Siahaanfounder dari Asumsi. Talk show yang dipandu oleh Thomas Benmetan ini membahas mengenai hubungan media dengan politik, serta cara menghadapi berita hoaks di era digital khususnya bagi kaum milenial. Dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019, Martin dan Pangeran memberikan pesan-pesan kepada peserta. “Suara kalian itu penting, jadi tentukan pilihan dengan cara yang benar, lalu coblos tanggal 17 April,” tutur Martin. “Kita itu singa, dan singa itu memang seharusnya harus mengaung, mengaungnya di mana? di kotak pemilihan suara,” ujar Pangeran menutup talk show.

Setelah talk show usai, acara kemudian dilanjutkan dengan peniupan lilin ulang tahun GENTA oleh Desi dan Alvin. Selain talk show, HUT GENTA ke-55 juga diisi dengan Awarding Night Unjuk Karya Milenial (UKM). Awarding night dilaksanakan setelah prosesi peniupan lilin ulang tahun. Joya Exelcia selaku ketua panitia UKM dan Asthararianty, S.Sn., M.Ds. selaku juri UKM memberikan hadiah kepada tiga juara dari masing-masing kategori. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pembagian doorprize kepada peserta melalui balon yang di dalamnya terdapat tulisan jenis doorprize yang didapatkan.

Melalui acara yang disiapkan selama kurang lebih 5 bulan ini, Alvin berharap talk show HUT GENTA ke-55 mampu mengubah dan memperluas wawasan peserta mengenai partisipasi mahasiswa dalam dunia politik. “Semoga koten talk show bisa menambah wawasan peserta dan bisa mengubah pola pikir peserta bahwa sebenarnya politik itu bukan hanya urusan ‘orang tua’ saja, tetapi juga merupakan urusan kita sebagai mahasiswa,” ujar mahasiswa Program Studi Teknik Sipil tersebut.

Lima puluh lima tahun sudah GENTA berkarya di bidang jurnalistik. Semoga konten GENTA semakin berkualitas dan mampu menjawab kebutuhan mahasiswa. Selamat ulang tahun, GENTA!

About the author /


Avatar