Batik Days: Architage (Part 1)

BATIK DAYS-INGRID (1)

Fotografer : Ingrid Halim

Batik Days: Architage

Oleh: Natania Wahyuni T

Merayakan hari batik nasional yang sudah diperingati pada 2 Oktober lalu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kristen (UK) Petra mengadakan Archipelago Heritage (Architage) yang rutin diadakan setiap tahunnnya. Pada tahun ini diadakan dua perlombaan, yaitu lomba desain baik dan lomba photobooth.

Lomba desain batik berlangsung di Gedung P lantai 8 (20/10). Total ada 77 peserta yang mengikuti lomba desain batik ini, yang terdiri dari 22 tim mahasiswa umum UK Petra dan 12 tim mahasiswa asing. Yap, BEM UK Petra kali ini bekerja sama dengan Petra Mate untuk mengajak mahasiswa asing agar lebih tahu tentang salah satu warisan budaya Indonesia, Batik. Karena itu, rangkaian acara yang dibawakan oleh Master of Ceremony (MC) Architage dalam bahasa inggris.

Batik yang diusung dalam lomba desain kali ini adalah “Babon Angrem”. Tema kali ini telah di umumkan pada technical meeting yang sudah diadakan h-1 lomba. Dari pola babon angrem ini, peserta dibebaskan untuk mengkreasikannya dalam waktu dua jam.

“Hasil dari lomba hari ini akan dipamerkan pada pameran tanggal 24-27 Oktober. Penjurian murni berdasarkan penilaian pengunjung pada pameran tersebut tergantung banyaknya koin yang diberikan. Penilaian ini akan sangat adil karena karya yang dipajang pun akan dibuat anonim,” ujar Shania Stacey, Program Studi (prodi) Desain Interior angkatan 2016, yang merupakan sekretaris dalam Architage tahun ini.

Jangan lupa sumbangkan voting mu tanggal 24-27 nanti di gedung P lantai 2, sobat GENTA!

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *