Basic Design Seminar: Langkah Awal Desainer

BASICDESIGN_JOHANNES (5)

Fotografer: Johannes

Basic Design Seminar: Langkah Awal Desainer

Oleh: Jeffry

Kamis (23/11/2017) menjadi hari diadakannya Basic Design Seminar oleh program studi (prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya. Acara yang bertujuan untuk memperkenalkan dunia desain kepada mahasiswa UK Petra ini berlangsung di P.204. Acara ini mengundang Bimo Prakoso selaku Creative Director dari Grand Story, salah satu majalah desain terkemuka di Surabaya.

Acara yang berlangsung sekitar pukul satu siang itu ternyata menyimpan kejutan kecil. Setiap peserta yang datang ke seminar diberikan majalah Grand Story Issue 15 secara gratis dan diminta mengisi kuisioner demi kemajuan acara yang akan diadakan mereka ke depannya.

Acara yang dipandu oleh salah satu orang dari tim redaksi itu dimulai dengan presentasi Bimo yang cukup sederhana. Bimo menjelaskan beberapa cabang pekerjaan dalam dunia desain yang dibaginya menjadi In House, Studio, Agency, dan Freelancer. Bimo juga memaparkan pentingnya klien dan sisi visual mereka yang harus bisa diwujudkan oleh para desainer, yang berarti jika desainer menunjukkan hasil desain mereka dan klien menolak, desainer harus mampu mengubahnya.

Bimo juga menunjukkan beberapa karya desain yang telah dibuatnya untuk klien-klien yang telah ditanganinya, sembari juga menjelaskan konsep desain minimalis yang kini banyak disukai. Karya-karyanya antara lain ada amplop, logo, nametag dan lain sebagainya yang mampu dijadikan identitas oleh perusahaan. “Visual harus eye-catchy biar klien bisa menerima,” ungkap Bimo. “Desain yang baik adalah desain yang sesuai dengan fungsinya,” lanjutnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, antuasiasme mahasiswa begitu terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan ke Bimo. Bimo dan tim redaksinya juga terlihat tidak kalah semangatnya dalam menjawab dan menjelaskan konsep desain dalam industri kreatif terutama media cetak seperti majalah yang membutuhkan beragam jenis layout. Acara kemudian ditutup dengan foto bersama dengan seluruh peserta.

Sobat GENTA, seminar ini sangat bermanfaat untuk ke depannya, lho. Kita jadi bisa belajar langsung perkembangan dunia desain dari orang yang sudah ahli di bidang tersebut, para calon desainer UK Petra sekarang sudah berhasil mengambil satu langkah besar, kan?

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *