Bangkitkan Bibit-Bibit Grand Master Masa Depan Melalui PCC 2019

Fotografer: Winnie Tungmiharja

Bangkitkan Bibit-Bibit Grand Master Masa Depan Melalui PCC 2019

Oleh: Patrick Jonathan

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Catur Universitas Kristen (UK) Petra mengadakan Petra Chess Competition (PCC) 2019 pada Jumat (10/5/2019) dan Sabtu (11/5/2019). PCC 2019 adalah kompetisi catur tingkat nasional yang diadakan di Gedung Balai Pemuda Surabaya. PCC tahun ini mengambil tema “The Rising Knight”. Melalui tema ini, PCC ingin membangkitkan semangat mereka yang memiliki minat dalam bidang catur untuk berkompetisi dan menjadi ksatria dalam kompetisi ini.

Ada tiga kategori yang dilombakan, yaitu kategori single, beregu, dan blitz. Kategori single dibedakan menjadi dua tingkat yaitu tingkat SD-SMP dan SMA-Kuliah. Untuk kategori beregu tiap regunya berisi empat orang. Sedangkan kategori blitz merupakan kompetisi catur yang diadakan secara kilat dengan batas waktu tertentu. PCC 2019 diikuti oleh peserta dari lima provinsi di Indonesia yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali. Setiap pertandingan di masing-masing kategori dipandu langsung oleh perwakilan dari Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI). Untuk pemenang nantinya akan diambil 3 tim dari kategori beregu, sedangkan untuk kategori single dan blitz masing-masing akan diambil 6 pemenang.

Ketua panitia PCC 2019, Devina Paulina Yapari, berharap agar percaturan di Indonesia lebih baik lagi kedepannya, karena menurut Devina, olahraga catur merupakan olahraga yang potensial di Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya grand master Indonesia yang berprestasi di kancah internasional. “Semoga dari adanya PCC ini nantinya akan melahirkan grandmaster-grandmaster baru yang dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional,” ucap Devina menambahkan.

About the author /


Avatar