Artmosphere 2019: Serunya Menjadi Berkat Bagi Sesama Melalui Pembuatan Mural

Fotografer: Panitia Artmosphere 2019

Artmosphere 2019: Serunya Menjadi Berkat Bagi Sesama Melalui Pembuatan Mural

Oleh: Clarisa Michelle Eugenia

Program Studi (prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Kristen (UK) Petra menggelar acara Artmosphere 2019. Artmosphere merupakan kegiatan pembuatan mural yang diselenggarakan pada Sabtu (25/5/2019). Bertempat di Sekolah Dasar Negeri Siwalankerto II/419, mural kali ini mengangkat tajuk “Spread Your Colors”. Kegiatan yang diikuti oleh 169 peserta ini membagi peserta ke dalam 42 kelompok yang berisi 4-5 orang. Peserta yang tergabung dalam acara ini tidak hanya berasal dari Prodi DKV saja, namun juga dari prodi lainnya.

Pada kegiatan mural ini ke-42 kelompok yang ada terbagi lagi menjadi lima kategori. Kategori tersebut adalah Blu, Jewel, Rafael, Pedro, dan Nico. Kelima kategori yang ada memiliki konten mural yang berbeda. Mural yang dibuat bertemakan mata pelajaran di sekolah, contohnya Biologi, Fisika, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Matematika. Kegiatan ini berlangsung sejak pukun 08.00 WIB sampai 14.00 WIB.

Antusiasme peserta terlihat pada setiap karya yang mereka hasilkan. Acara Artmosphere 2019 ini tentu meninggalkan kesan tersendiri bagi peserta. Hal ini terbukti dari penuturan  Catherine Valleri Indriawan. Catherine berpendapat bahwa melalui acara ini tidak hanya keseruan yang dia dapatkan, namun juga relasi. “Acaranya seru, hal baru buat aku untuk mencoba melukis dengan media dinding. Selain seru dari acara ini aku juga bisa menambah relasi karena di dalam kelompokku ada yang beda prodinya sama aku,” ujar mahasiswi yang kerap disapa Cathy ini.

Tidak hanya sekadar keseruan dari proses pembuatan mural yang peserta dapatkan dari acara ini. Namun, peserta juga dibawa untuk kembali merefleksikan apa yang mereka dapatkan ketika berproses bersama dalam kelompok. Contohnya saja Elizabeth Venska Tjowasi yang kembali teringat bahwa kerja sama merupakan hal yang sangat penting dalam mengerjakan sesuatu, terlebih jika melibatkan beberapa pihak. “Nggak cuma sekadar ngecatngecat sih, dari sini aku juga bisa kembali teringat kalau kerja sama itu penting banget. Karena dengan waktu yang diberikan tentu kita juga harus bekerja sama dengan baik biar hasilnya baik juga. Selain kerja sama komunikasi juga penting karena kita disini nggak cuma kerja sendirian tapi melibatkan orang lain juga,” ujar mahasiswi prodi DKV ini.

Sobat GENTA, menjadi berkat bagi orang lain bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Contohnya saja melalui talenta yang kita miliki, seperti pembuatan mural. Apa yang kita lakukan mungkin terlihat sederhana, namun nyatanya dari hal kecil tersebut kita mampu menjadi berkat dan memberi dampak bagi orang lain.

About the author /


Avatar