Aku Anak Indonesia, Bantu Sesama Tanpa Pandang Latar Belakang!

Andy F. Noya dalam Wawasan Kebangsaan

Fotografer : Edward Hartanto

Aku Anak Indonesia, Bantu Sesama Tanpa Pandang Latar Belakang!

Oleh : Yustina Gemilang

Hari ini, Rabu (02/08/2017), Universitas Kristen (UK) Petra diramaikan dengan kedatangan Andy F. Noya, yang dikenal dengan program televisinya : Kick Andy. Presenter yang memulai karirnya dalam bidang jurnalistik ini menjadi pembicara dalam seminar Wawasan Kebangsaan. Seminar ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Welcome Grateful Generation (WGG) 2017. Mengangkat tema “Beribu Corak Satu Impian” , acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru dari pelbagai jurusan. Seminar ini diberikan khusus bagi mahasiswa baru (maba) dengan tujuan untuk memotivasi serta memberikan wawasan kepada mahasiswa dalam mengembangkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air.

Seminar ini dibuka dengan pemutaran video biografi Andy Flores Noya, bagaimana kisah kehidupannya dulu sebelum sukses seperti sekarang, begitu banyak teman-temannya yang membully karena Andy keturunan belanda. Mulai beranjak ke usia remaja, ketika Andy memiliki bakat dalam hal menulis dan ia ingin mengikuti lomba mengenai jurnalistik, guru-gurunya meragukan kemampuannya karena ia hanya bersekolah di SMK dengan jurusan Teknik mesin. Tantangan-tantangan tersebut, tidak membuat Andy putus asa, tetapi malah membuatnya semakin bangkit dan mengembangkan passion-nya di dunia jurnalistik hingga sekarang. Diharapkan, dengan mengetahui latar belakang kesuksesannya, para mahasiswa baru tidak mudah putus asa.

Dalam seminar ini,  Andy ingin mengajak mahasiswa baru sebagai anak muda yang harus paham betul bahwa Pancasila yang mempersatukan kita. Pria kelahiran 6 november 1960 melihat bahwa ada sesuatu yang positif dari anak muda zaman sekarang yang telah sukses yaitu mereka  mampu menciptakan sebuah pekerjaan baru yang dulunya tidak ada dan menghasilkan pendapatan yang besar, seperti halnya para youtubers.

Nah, Andy mengajak dan memotivasi untuk anak muda sekarang bisa mulai melakukan sustainable business yang hasilnya dapat menolong dan mensejahterahkan masyarakat. Mahasiswa bisa mulai peka dengan melihat lingkungan disekitarnya dan melakukan tindakan nyata bagi pembangunan masyarakat Indonesia.

Begitu banyak kisah inspiratif yang dibagikan oleh Andy, anak muda yang sukses di dunia bisnis dimana memulai dari hal kecil yaitu melihat kebutuhan sekitar dan merespon panggilan untuk mengerjakannya bagi pembangunan masyarakat lewat tindakan nyata. “Perbedaan latarbelakang tidak menghalangi kita dalam membantu orang lain tanpa memandang perbedaan yang ada,” ujar pria kelahiran Surabaya ini. Seminar ditutup dengan sesi tanya jawab.

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *