Ajarkan Untuk Hadapi Digitalisasi di Era VUCA World

Foto: Panitia Kegiatan 

Ajarkan Untuk Hadapi Digitalisasi di Era VUCA World

Oleh: Nikita Luisa

“There is nothing permanent, except change.” – Heraclitus

Di tengah perkembangan bisnis di Era Revolusi Industri 4.0, kini makin banyak tantangan yang dihadapi di dunia bisnis, seperti contoh utamanya adalah VUCA world, yang merupakan singkatan dari volatility, uncertainty, complexity dan ambiguity. Tentunya diperlukan pengetahuan khusus bagi para pebisnis muda yang ingin bertahan di era VUCA ini. Maka dari itu, pada hari Kamis (16/5/2019) kemarin, Accounting Seminar diadakan di ruangan Audio Visual T 502. Bertemakan “Winning in VUCA World, Understanding the Strategic Thinking & Leadership in VUCA Environment.”, seminar tersebut menghadirkan dua pembicara khusus, yakni Dr. Andrew Noel Jones selaku International Business & Management consultant dan Dendy Sean selaku direktur marketing PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM).

Dimulai pukul 18.00 dengan penampilan band, seminar tersebut dimeriahkan oleh kurang lebih 200 peserta yang hadir. Andrew membawakan presentasi dengan menggunakan Bahasa Inggris. Andrew mengungkapkan bahwa dalam menghadapi Era VUCA, diperlukan pemahaman mendalam mengenai pemikiran strategi dan kepemimpinan. Apalagi, di era milenial seperti sekarang, penggunaan alat digital telah mendunia. Maka dari itu, Andrew menekankan betapa pentingnya performa kerja yang baik dengan pengetahuan global bagi tiap individu. Inovasi merupakan kunci khusus untuk menghadapi masalah ini.

Selanjutnya, Dendy melanjutkan seminar dengan presentasinya. ia berujar bahwa bisnis telah mengalami kekacauan di era ini. Banyak tantangan-tantangan yang harus dihadapi perusahaan, seperti penggunaan interaksi online dan offline. Diperlukan kemampuan khusus untuk memahami budaya masyarakat dalam menghadapi era VUCA ini. Para pebisnis muda diharuskan untuk berkembang dan beradaptasi dengan perubahaan yang ada.

Seminar ini rupanya memberikan pengalaman berharga bagi para peserta, tak terkecuali Kezia Gabrielle, yakni mahasiswi jurusan International Business Management angkatan 2018 yang hadir di seminar hari itu. “Seminar ini cukup berbeda dari acara lain, apalagi seminar ini mampu mendatangkan professor dari luar negeri yang dapat menambah pengetahuan mengenai bagaimana cara menghadapi VUCA.” ungkapnya ketika ditanya mengenai kesan yang didapat melalui seminar tersebut.

Nah, Sobat GENTA, sudah siapkah kalian menghadapi VUCA world di era milenial ini?

About the author /


Avatar

Scroll Up