Ajarkan Calon Panitia Menjadi Pengaju Sponsor yang Berkualitas

Fotografer : Sesilia Alexandra

Ajarkan Calon Panitia Menjadi Pengaju Sponsor yang Berkualitas

Oleh : Nikita Luisa

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) mengadakan acara Workshop Sponsorship pada hari Selasa (13/11/2018). Acara bertemakan “Becoming a Qualified Sponsee” tersebut diramaikan oleh para peserta perwakilan dari Himpunan Mahasiswa (HIMA) dari setiap program studi (prodi). Dilaksanakan di Ruang Audio Visual Gedung T 501, Workshop Sponsorship ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan lebih serta kiat-kiat bagi para panitia divisi sponsor Universitas Kristen (UK) Petra mengenai bidang mereka.

Dimulai pukul 16.30, sambutan dari Evelyn Kusgianto selaku ketua acara Workshop Sponsorship tersebut resmi membuka seluruh rangkaian kegiatan. Evelyn berujar bahwa melalui acara ini, ia berharap agar seluruh peserta mampu menjadi pengaju sponsorship yang berkualitas saat berhadapan dengan perusahaan.

Acara dilanjutkan dengan presentasi dari Alex Sutanto, dosen Mata Kuliah Etika UK Petra sekaligus owner dari bisnis minuman Coco Frizzz. Alex menjelaskan tips dan trik untuk menciptakan proposal yang menjual di hadapan para perusahaan dan menegaskan beberapa cara bernegosiasi dengan perusahaan. Ia menyatakan beberapa hal yang menjadi perspektif perusahaan saat tengah mempertimbangkan sponsor.

Pembicara kedua adalah Leonardo Dewabrata yang merupakan mahasiswa Prodi Teknik Sipil UK Petra angkatan 2016. Berpengalaman sebagai panitia sponsor, Leonardo telah berhadapan dengan berbagai jenis perusahaan dengan target sponsor sebanyak angka sembilan digit. Leonardo menekankan kuat bahwa para panitia sponsor haruslah mengenal kekuatan dari acara masing-masing dan siap bernegosiasi dengan tiap perusahaan. “Divisi sponsor ini bukan sesuatu yang eksak. Cara menghadapi tiap perusahaan pasti berbeda. Kalian harus menanganinya case by case,” kata Leonardo saat sesi tanya jawab.

Pada akhir acara, para peserta dibagi menjadi 19 kelompok dari prodi yang berbeda-beda. Setiap kelompok mendapat kesempatan untuk membuat proposal kegiatan acara dan dua kelompok di antaranya berkesempatan untuk mempresentasikan proposal mereka. Para peserta sendiri juga mendapat feedback langsung dari Alex selaku pembicara workshop sponsorship.

Tentunya, menjadi pengaju sponsor yang berkualitas memerlukan banyak kemampuan dan jam terbang yang tinggi. Namun tentunya, seiring dengan berjalannya waktu, kemampuan para pencari sponsor akan semakin terasah. Nah, sobat GENTA, sudah siapkah kalian menjadi anggota divisi sponsor yang berkualitas?

Tagged with:     , ,

About the author /


Avatar

Scroll Up