Ajak Mahasiswa Untuk Tidak Apatis Terhadap Isu yang Terjadi di Masyarakat

Fotografer: Evandruce Filbert

Ajak Mahasiswa Untuk Tidak Apatis Terhadap Isu yang Terjadi di Masyarakat

Oleh: Clarisa Michelle Eugenia

Dalam rangka mengajak mahasiswa untuk merealisasikan kampanye relasi publik yang mereka buat, Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen (UK) Petra peminatan Corporate Public Relation dan Marketing Public Relation mengadakan acara dengan tajuk “Ikom Movement”. Kegiatan ini diselenggarakan di Atrium Gedung Radius Prawiro UK Petra. Acara yang merupakan project akhir Ujian Akhir Semester (UAS) ini juga merupakan acara tahunan dari Prodi Ilmu Komunikasi. Tahun ini, Ikom Movement dilaksanakan pada Selasa (21/5/2019) hingga Jumat (24/5/2019). Tajuk Ikom Movement sendiri dipilih untuk mengajak mahasiswa memiliki simpati akan isu yang ada di masyarakat.

Terdapat 12 kelompok yang mengkampanyekan isu yang berbeda-beda tergabung dalam acara ini. Sebelum dikampanyekan, setiap kelompok yang terdiri dari 5-6 orang ini harus melewati proses pembuatan konsep dan proposal mengenai isu apa yang akan mereka kampanyekan. Kampanye yang disampaikan setiap kelompok mengajak peserta untuk lebih sadar dan peduli akan isu sosial yang ada, serta bijak dalam menghadapinya.

Setiap booth memiliki konsep pengemasan kampanye yang berbeda. Contohnya kampanye mengenai ajakan untuk berinvestasi yang dikemas dengan permainan dan penjelasan singkat akan pentingnya untuk berinvestasi sejak dini. Ada juga kampanye Paperless yang menjadikan workshop book binding sebagai salah satu upaya dalam kampanye pengurangan kertas.

Yohana Suwanto, selaku ketua acara berharap peserta yang datang mampu mendapatkan manfaat dari Ikom Movement. “Mereka bisa dapat pesan dari yang kita sampaikan, dan mereka juga dapat manfaat dari kita, nggak cuma datang dan main game,” ujar mahasiswi Ilmu Komunikasi angkatan 2016 ini.

Mungkin kita sudah kerap kali mendengar isu-isu sosial yang terjadi di kalangan masyarakat. Namun sudahkah kita perduli? Sebagai bagian dari masyarakat, tentu kita harus turut ambil bagian di dalamnya. Jadi, mari kita tingkatkan kepedulian dengan tidak apatis terhadap kondisi sosial di lingkungan sekitar kita!

 

About the author /


Avatar