Adiwarna 2017 : Merasakan, Berkehendak, Mencipta

IMG_8581

Adiwarna 2017 : Merasakan, Berkehendak, Mencipta

Oleh: Regina Bella Rosari

Sekali lagi, Adiwarna kembali digelar. Tahun ini, pameran ini diadakan di Grand Atrium Pakuwon Mall Surabaya. Pameran ini bertujuan untuk memamerkan tugas akhir mahasiswa serta mengenalkan desain pada khalayak luas yang selama ini masih sering kali dianggap sebelah mata. “Desain bukan sekadar desain belaka. Desain adalah problem solving, ada permasalahan yang bisa dijawab melalui desain,” jelas Mayafiryal Sochmarisanda, Public Relations dari kegiatan ini.

Pameran ini berlangsung selama tiga hari, yaitu 11-13 Agustus 2017 dengan mengusung tema ‘Karya Karsa’, pesan yang ingin disebarkan adalah desain harus berdampak pada lingkungan sekitar di mana kita tinggal. Berbeda dari tahun lalu, ada konsep baru yang disajikan pada tahun ini. Tidak hanya menyajikan pameran, talkshow, workshop, film screening. Tetapi, tahun ini diadakan pula job fair, serta creative market.

Perasa yang berbeda dari tahun ini, job fair, diadakan untuk mengenalkan calon fresh graduate dengan perusahaan-perusahaan yang sesuai dengan bidang Desain Komunikasi Visual (DKV). Tidak hanya mengenalkan mahasiswa pada perusahaan, tapi juga mengenalkan perusahaan pada mahasiswa. Adanya salah satu sub acara ini tidak menutup kemungkinan adanya kerja sama yang terjalin antara mahasiswa dengan perusahaan atas dasar karya desainnya.

Tahun ini dipilih 55 karya terbaik dari seluruh mahasiswa Program Studi (prodi) DKV untuk memamerkan karyanya dimuka umum. 55 karya terbaik dipilih oleh para dosen, tanpa dibatasi oleh penjurusan yang ada dalam program studi ini.

Audiens dari pameran ini tidak terbatas pada sivitas akademika Universitas Kristen (UK) Petra. Tentu, banyak masyarakat lokal maupun warga asing yang berkunjung untuk melihat karya-karya mahasiswa ini. Bahkan, ada pengusaha asal New York yang berkunjung.

Nantinya, acara ini akan ditutup dengan awarding night pada 13 Agustus 2017. Awarding night ini diberikan pada mereka yang mendapatkan penilaian terbaik dari para juri (di luar dosen UK Petra). Diharapkan, setelah acara ini akan semakin banyak konten baru yang menarik orang-orang untuk semakin ingin tahu dunia desain dan DKV.

Mari berkarya, kenalkan jati diri desain yang sesungguhnya!

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *