Adiwarna 2017 : Karya yang Berbicara

Adiwarna

Karya yang Berbicara

Oleh : Clarita Ivone R.

Adiwarna. Acara tahunan milik Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) ini kembali terlaksana. Serangkaian acara mulai dari pameran, workshop, dan talkshow disuguhkan untuk memenuhi tujuan dari acara ini. Menurut panitia, Adiwarna sendiri memiliki tujuan sebagai sarana pameran hasil karya. Nah, karya yang disuguhkan disini merupakan tugas akhir dari mahasiswa prodi DKV.

Tema besar untuk tahun ini adalah karyakarsa. Diangkatnya tema ini dengan harapan agar para desainer dapat menghasilkan karya yang bermanfaat untuk masyarakat. Salah satu talkshow dari rangkaian acara ini baru saja dilaksanakan (12/08/2017). Bertempat di Ruang Audio Visual Gedung T Lantai 5 (AVT502), topik yang diangkat untuk talkshow kali ini adalah Merespon keadaan dengan desain.

Terdapat dua pembicara yang hadir, Irwan Ahmett dan Antitank.  Kedua pembicara ini terpilih karena latar belakang mereka. Menurut Juvensia, selaku perwakilan panitia, mengatakan bahwa mereka bisa dianggap sebagai aktivis. Mereka berdua menunjukkan kepedulian mereka terhadap kondisi disekitar melalui karya mereka. Ada yang berupa kegiatan bersama dan menghasilkan karya. Ada juga yang berupa poster yang menunjukkan aspirasi dan opini. Acara dibuka dengan penjelasan singkat mengenai apa itu desain serta pandangan para pembicara mengenai desain.

Karya dari pembicara pun ditampilkan melalui slide show agar peserta mendapatkan gambaran tentang apa yang sedang dibahas. Uniknya setiap pembicara ingin menunjukkan karya mereka, selalui diawali dengan latar belakang dari karya tersebut. Setiap karya juga memiliki pesan tersendiri yang ingin disalurkan. Wah, semoga dengan adanya talkshow ini, para desainer muda semakin termotivasi untuk berdampak melalui karya mereka.

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *