Petra Bel Canto Festival 2: Master Class and Vocal Recital

RECITAL BEL CANTO_FERDI (5)

Petra Bel Canto Festival 2: Master Class and Vocal Recital

Oleh: Livia Aqmarina

Rangkaian acara Petra Bel Canto Festival 2 kembali berlanjut pada Sabtu (29/10/2017). Bertempat di Auditorium baru gedung P1-P2 Universitas Kristen (Uk) Petra. Dihari yang sama acara ini terbagi menjadi dua yakni, Master Class pukul 09.30-14.00 dan Vocal Recital pukul 19.00-21.30. dua acara tersebut memiliki kegiatan yang berbeda namun dengan tujuan yang sama, yaitu melatih skill juga sebagai wadah para peserta menunjukkan talenta mereka dalam menyanyi bel canto.

Kegiatan yang dilakukan pada Master Class ini adalah adanya mentoring dari para juri kepada para peserta aktif, Seluruh peserta juga akan mendapatkan sertifikat yang berfungsi membantu mereka apabila mereka ingin mengikuti lomba yang sama. Diadakan hanya sekali dalam tiga tahun membuat acara ini memiliki beragam peserta.

Berbeda dengan Master Class, Vocal Recital merupakan puncak dari acara yang telah berlangsung selama tiga hari ini. Menghadirkan beberapa bintang tamu diantaranya anggota Petra Choir yakni  Female dan Male Vocal Ensemble, pelatih Unit Kegiatan Mahasiswa (ukm) paduan suara Aprillia W. Takanserang, Kepala apresiasi dan pengembangan musik gereja Uk Petra Rubin Lukito. Salah satu Honourable Mention (juara terpilih) Yohanes Dwi Ardhito. Juara satu, dua, dan tiga Widhawan Aryo Praditho, Ignatius Rangga S. Suryanata, dan Cynthia Setiawan, pelatih vokal yang juga menjabat sebagai Dekan Singapore Bible College yaitu Dr. Samuel Cheung, pelatih vokal Institut Kesenian dan Yayasan Pendidikan Musik Jakarta yang juga lulusan seni vokal dan sekolah opera di Italy Catharina Leimana, serta salah satu pendiri sekaligus pelatih Conservatory Music Jakarta Binu Sukaman. Ketiga orang ini merupakan juri sekaligus pelatih para peserta selama mengikuti kegiatan ini. Dan acara ditutup oleh penampilan dari all performers yang menyanyikan lagu berjudul Brindisi karya La traviata.

   Yang tak kalah menarik dari acara ini adalah ketika Juara satu yang akrab disapa Dhito memberikan komentar positif “Saya bersyukur karena hasil kerja keras saya telah membuahkan hasil yang baik. Saya juga mau berterimakasih buat seluruh panitia yang sudah sangat membantu peserta dalam persiapan. Selain itu yang bikin saya berkesan itu ketika saya bisa berada di auditorium sekeren ini dan juga Reportoar (Daftar rencana permainan seni yang telah dipersiapkan dan harus dipelajari oleh seseorang sebelum tampil di pertunjukkan seni.) yang diberikan oleh panitia itu benar-benar menantang. Dan harapan saya untuk acara ini kedepannya agar Uk Petra lebih sering mengadakan lagi, supaya orang yang memiliki bakat untuk hal ini bisa unjuk kebolehan mereka disini.” Ujar pria kelahiran Surabaya tersebut.

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *